View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Gestur Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Vektor Kelas X SMAN 4 Malang

Thumbnail
View/Open
ANALIS~1.PDF (6.761Mb)
S2_PASCASARJANA_PENDIDIKAN MATEMATIKA_22102072012_OKTA PITA DIAN SARI.pdf (1.489Mb)
Date
2023-07-24
Author
Sari, Okta Pita Dian
Metadata
Show full item record
Abstract
Disposisi matematis sebagai salah satu faktor internal yang berpengaruh terhadap suatu kemampuan peserta didik pada saat memecahkan masalah. Dalam proses memecahkan masalah, peserta didik akan menunjukkan beragam gerakan yang tidak disadari. Gestur memiliki peran penting dalam merepresentasikan indikator disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gestur berdasarkan disposisi matematis berdasarkan tingkat tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan dalam memecahkan masalah Vektor kelas X SMAN 4 Malang. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian grounded theory. Pada penelitian ini subjek terdiri dari 3 peserta didik yang berada di kelas X MIPA 5 semester genap tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 36 peserta didik. Penentuan tingkat disposisi matematis dilakukan berdasarkan klasifikasi menurut Arikunto. Instrumen yang digunakan yaitu angket disposisi matematis, tes masalah matematis, dan lembar observasi gestur. Teknik analisis data kualitatif digunakan, dan melibatkan tiga tahap kegiatan yang dilakukan secara simultan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan masalah dan tujuan penelitian yang dirumuskan, serta hasil analisis data tentang mengeksplorasi gestur berdasarkan disposisi matematis dalam memecahkan masalah Vektor kelas X, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Peserta didik yang memiliki disposisi matematis tinggi dalam memecahkan masalah mampu memenuhi dua indikator yaitu melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali dengan memberikan dominasi gestur menunjuk. Adapun gestur yang ditemukan selain menunjuk, representasi dan menulis adalah gerakan tangan di atas paha; 2) Peserta didik yang memiliki disposisi matematis sedang dalam memecahkan masalah mampu memenuhi satu indikator yaitu memahami masalah dengan dominasi gestur menunjuk. Adapun gestur yang ditemukan selain menunjuk, representasi dan menulis adalah meletakkan tangannya diatas meja, menyentuh dahinya dengan tangan kanan, serta meletakkan tangannya diatas paha; 3) Peserta didik yang memiliki disposisi matematis rendah dalam memecahkan masalah mampu memenuhi satu indikator yaitu memahami masalah dengan dominasi gestur menunjuk. Adapun gestur yang ditemukan selain menunjuk, representasi dan menulis adalah meletakkan tangannya diatas meja, menyentuh masker pada bagian dagu, dan mengayunkan tangannya.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8133
Collections
  • MT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group