Analisis Gestur Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Vektor Kelas X SMAN 4 Malang
Abstract
Disposisi matematis sebagai salah satu faktor internal yang berpengaruh
terhadap suatu kemampuan peserta didik pada saat memecahkan masalah. Dalam proses
memecahkan masalah, peserta didik akan menunjukkan beragam
gerakan yang tidak disadari. Gestur memiliki peran penting dalam merepresentasikan
indikator disposisi matematis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gestur berdasarkan disposisi
matematis berdasarkan tingkat tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan dalam
memecahkan masalah Vektor kelas X SMAN 4 Malang. Pendekatan penelitian yang
diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian grounded
theory. Pada penelitian ini subjek terdiri dari 3 peserta didik yang berada di kelas X
MIPA 5 semester genap tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 36 peserta didik.
Penentuan tingkat disposisi matematis dilakukan berdasarkan klasifikasi menurut
Arikunto. Instrumen yang digunakan yaitu angket disposisi matematis, tes masalah
matematis, dan lembar observasi gestur. Teknik analisis data kualitatif digunakan, dan
melibatkan tiga tahap kegiatan yang dilakukan secara simultan, yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan masalah dan tujuan penelitian yang dirumuskan, serta hasil analisis
data tentang mengeksplorasi gestur berdasarkan disposisi matematis dalam memecahkan
masalah Vektor kelas X, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Peserta didik yang
memiliki disposisi matematis tinggi dalam memecahkan masalah mampu memenuhi dua
indikator yaitu melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali
dengan memberikan dominasi gestur menunjuk. Adapun gestur yang ditemukan selain
menunjuk, representasi dan menulis adalah gerakan tangan di atas paha; 2) Peserta didik
yang memiliki disposisi matematis sedang dalam memecahkan masalah mampu
memenuhi satu indikator yaitu memahami masalah dengan dominasi gestur menunjuk.
Adapun gestur yang ditemukan selain menunjuk, representasi dan menulis adalah
meletakkan tangannya diatas meja, menyentuh dahinya dengan tangan kanan, serta
meletakkan tangannya diatas paha; 3) Peserta didik yang memiliki disposisi matematis
rendah dalam memecahkan masalah mampu memenuhi satu indikator yaitu memahami
masalah dengan dominasi gestur menunjuk. Adapun gestur yang ditemukan selain
menunjuk, representasi dan menulis adalah meletakkan tangannya diatas meja,
menyentuh masker pada bagian dagu, dan mengayunkan tangannya.