Efektifitas Pendekatan Rigorrous Mathematical Thinking (RMT) Berbantuan Geogebra Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self-Confidence Peserta Didik Materi Segi Empat Kelas VII
dc.contributor.author | Arifin, Syamsul | |
dc.date.accessioned | 2023-09-27T03:36:00Z | |
dc.date.available | 2023-09-27T03:36:00Z | |
dc.date.issued | 2023-07-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8134 | |
dc.description.abstract | Munculnya kurikulum 2013 sebagai kurikulum pembaruan harus memenuhi syarat penerapan konsep pendidikan yang berorientasi perkembangan peserta didik dan konteks kehidupan yang dipahami sebagai konsep pedagogik transformatif. Saat ini, pembelajaran otentik daripada menangkap ide-ide steril tentang kehidupan masyarakat ditekankan dalam pengelolaan mata pelajaran. Pelajaran Matematika di MTs memiliki muatan lebih banyak dibanding mata pelajaran lainnya dan diharapkan peserta didik memiliki kemampuan penalaan matematis yang kuat sehingga dapat belajar matematika dengan baik dan benar. Berdasakan latar belakang masalah, rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Apakah ada perbedaan kemampuan penalaran matematis pada peserta didik yang diberi dan tidak diberi perlakuan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) pada materi Segi Empat kelas VII MTs NU Lekok? 2) Apakah ada perbedaan kepercayaan diri pada peserta didik yang diberi dantidak diberi perlakuan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) materi Segi Empat kelas VII MTs NU Lekok? 3) Apakah efektif Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa pada materi Segi Empat kelas VII MTs NU Lekok? 4) Apakah efektif Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) untuk mengukur Self-Confidence siswa pada materi Segi Empat kelas VII MTs NU Lekok? Dalam penelitian ini meimiliki tujuan untuk menguji kefektifan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) untuk mengukur kemampuan kemampuan penalaran matematis dan self-confidence peserta didik. Oleh karena itu pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan Quasi Experimen Design. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji kefektifan model pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) untuk mengukur kemampuan penalaran matematis dan self-confidence peserta didik. Oleh karena itu pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digulnakan Quasi Experimen Design. Desain ini menggunakan kelolmpok kontrol, tetapi tidak dapat digunakan sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar lainnya. Hasil penelitian ini menunjukaan adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis dan self-confidence yang diberi dan tidak diberi perlakuan model pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) kelas VII MTs NU Lekok. Selain itu terdapat keefektifan moldel Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) ulntuk mengukur kemampulan penalaran matematis pada kelas eksperimen dan terdapat keefektifan model pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) terhadap self-confidence pada kelas eksperimen. Hal itu ditunjukkan dengan beberapa uji hasil data. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) terhadap self-confidence pada kelas eksperimen setelah dilakukan pretest dan posttest. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Malang | en_US |
dc.subject | Pendekatan Rigorrous Mathematical Thinking (RMT) | en_US |
dc.subject | Kemampuan Penalaran Matematis | en_US |
dc.title | Efektifitas Pendekatan Rigorrous Mathematical Thinking (RMT) Berbantuan Geogebra Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self-Confidence Peserta Didik Materi Segi Empat Kelas VII | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
MT - Mathematic Education
Koleksi Thesis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika