dc.description.abstract | Dalam Perkembanganya saat ini Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
merupakan sektor produksi yang dalam kondisi krisis ekonomi tergolong
tetap mampu bertahan, dan mampu meningkatkan daya saing serta kinerja
pasarnya yang didukung oleh pemanfaatan teknologi yang terus berkembang
dan bergerak. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh
pemanfaatan IT yang kemudian memoderasi kolaborasi internal dan sistem
pasokan (supply chain) terhadap kinerja pemasaran pada UKM. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan analisis
struktural model (SEM), dan data-data dikumpulkan melalui skala penelitian
yang didistribusikan pada 100 pengelola usaha yang berkolaborasi dalam
badan usaha pesantren.Hasil analisis regresi membuktikan intra collaborator
berpengaruh terhadap market performance UKM di Jawa Timur, dengan
nilai c.r =2,086 dan p= 0,032 (p<0,05); supply chain berpengaruh terhadap
market performance dengan nilai c.r sebesar 2,256 dan p= 0,024 (p<0,05);
intra collaborator yang di moderasi oleh using IT berpengaruh terhadap
market performance, yang dibuktikan dari nilai c.r =2,468 dengan p=0,027
(p<0,05); dan supply chain yang di moderasi oleh using IT terhadap market
performance dengan nilai cr =3,174 dan p=0,008 (p<0,05); serta using IT
berpengaruh positif dan signifikan terhadap market performance dengan
nilai c.r =2,088 dengan p=0,038 (p<0,05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa
pemanfaatan IT yang memoderasi intra kolaborasi dan supply chain
berpengaruh terhadap market performance, dan using IT secara langsung
berpengaruh terhadap market performance UKM di Jawa Timur. | en_US |