Show simple item record

dc.contributor.authorAfina, Pratiwi Annisa Mustath
dc.date.accessioned2023-10-06T03:22:00Z
dc.date.available2023-10-06T03:22:00Z
dc.date.issued2023-07-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8211
dc.description.abstractDunia pendidikan mempunyai karakter dinamik, karena pendidikan merupakan suatu bentuk pelayanan pada setiap anak. Mewujudkan karakter yang baik, akhlak yang terpuji, SDN 02 Pakisjajar menggerakkan sebuah kebijakan sesuai arahan dari Dinas Pendidikan yaitu Program Sekolah Ramah Anak. Pihak sekolah terkait melakukan sebuah perencanaan program tersebut dengan kerjasama antar sesama guru, menentukan sebuah kurikulum, mempersiapkan model dan metode ajar. Pelaksanaan program sekolah ramah anak bertujuan untuk mendukung kesuksesan program sekolah ramah anak selama diterapkan di lingkungan sekolah sehingga dapat mengimplementasi sebuah karakter yang telah ditanamkan dari program tersebut. Fokus penelitian meliputi sebagai berikut: 1) bagaimana perencanaan program sekolah ramah anak dalam membentuk karakter siswa. 2) bagaimana pelaksanaan program sekolah ramah anak dalam membentuk karakter siswa. 3) bagaimana hasil program sekolah ramah anak dalam membentuk karakter siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil program sekolah ramah anak di SDN 02 Pakisjajar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari seseorang dan perilaku yang diamati. Dengan jenis studi kasus yaitu suatu proses pengumpulan informasi secara mendalam, mendetail, naturalistik, dan sistematis mengenai suatu peristiwa, baik terhadap individu maupun kelompok dengan menggunakan berbagai metode dan teknik serta banyak sumber informasi untuk memahami secara efektif bagaimana suatu kejadian, orang, latar alami itu berfungsi sesuai dengan konteksnya. Berfokus pada perencanaan yang berawal dari menentukan kebijakan ramah anak yang mencakup anti kekerasan, pelecehan, dan Bullying sesama siswa. Kemudian pelaksanaan melalui program ekstrakurikuler, pembiasaan dan pada akhirnya akan membuahkan hasil dengan membentuk siswa berkarakter unggul, guru yang humanis, serta dapat menjadikan sekolah tempat rumah kedua bagi siswa yang aman, bersih, sehat, nyaman, dan menyenangkan. Karakter yang diterapkan mencakup, kedisiplinan, kejujuran, sikap sosial, dan dalam pertemanan antar siswa. Program sekolah ramah anak sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun sangat rapi sebagaimana yang diharapkan. Kata kunci : Program Sekolah Ramah Anak, Pendidikan Karakteren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectProgram Sekolah Ramah Anaken_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.titleImplementasi Program Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Karakter Siswa di SDN 02 Pakisjajaren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record