Show simple item record

dc.contributor.authorRahayu, Alvianur Salamah
dc.date.accessioned2023-10-06T03:57:25Z
dc.date.available2023-10-06T03:57:25Z
dc.date.issued2023-08-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8227
dc.description.abstractPada saat ini bahasa melayu merupakan salah satu bahasa dari sepuluh bahasa yang populer digunakan oleh seluruh orang dunia terutama di ASEAN, bahasa melayu juga digunakan di thailand sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah formal. Bahasa melayu diangap penting untuk pengembangan ilmu pengetahuab, teknologi dan seni, serta untuk membina hubungan dengan negara lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Bahasa Melayu Di Sekolah SD Thai-It Suksa Nonthaburi, Thailand, (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Melayu Di Sekolah SD Thai-It Suksa Nonthaburi, Thailand, (3) Apa Saja Yang Menjadi Kendala Pembelajaran Bahasa Melayu Di Sekolah SD Thai-It Suksa Nonthaburi, Thailand. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa deskriptif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dilakukan dengan proses triangulasi, yaitu teknik pemeriksaankeabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang laindiluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yaitu menentukan tujuan pembelajaran, memilih materi yang relevansi, konsisten dan kecukupan. Pemilihan metode dan media menyesuaikan dengan tujuan pengajaran, materi, kemampuan siswa, fasilitas yang tersedia dan waktu 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan ada tiga kegiatan didalamnya, yaitu kegiatan awal menyiapkan siswa secara fisik dan psikis, Kegiatan inti menyampaikan materi dengan metode dan media yang sudah disiapkan, memberi tugas dan penguatan kepada siswa. Kegiatan akhir yaitu memberi kesimpulan, evaluasi terhadap materi yang telah disampaikan, 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran bahasa melayu memiliki dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. faktor- faktor itulah yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran, Bahasa Melayuen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPelaksanaanen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectBahasa Melayuen_US
dc.titlePelaksanaan Pembelajaran Bahasa Melayu di Sekolah SD Tha-It Suksa Nonthaburi Thailanden_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record