dc.description.abstract | Podcast dianggap sebagai bagian dari TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi) yang telah banyak digunakan dan terbukti sebagai alat yang efektif
dalam pengajaran bahasa Inggris. Covid-19 telah dinyatakan sebagai pandemi
global oleh WHO. Itu mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia, termasuk
pendidikan mereka. Proses belajar mengajar selama pandemi Covid-19 dilakukan
secara online. Menurut (Mustofa, 2020) ini telah membawa pada kesadaran bahwa
pengajaran saat ini tidak dapat diisolasi dari e-learning. Pada tahap ini, pengajaran
dan pembelajaran umumnya dilakukan secara online, dan interaksi antara guru
dan murid tidak terus menerus menempatkan interior kelas. Selain itu, e-learning
berpotensi untuk mengembangkan pembelajaran mandiri siswa melalui sanksi
virtual ini. Melalui interaksi online ini, baik guru dan siswa terkunci secara
kolaboratif untuk mengatur makna mereka dalam tugas yang diberikan. Namun,
banyak guru di Indonesia belum menggunakan media pengajaran ini dan
pembelajaran belum memberikan manfaat. Oleh karena itu, penelitian ini
digunakan untuk meneliti persepsi siswa terhadap penggunaan podcast dalam
belajar mendengarkan.
Penelitian ini menggunakan metode survei, Selain itu, survei ini
ditindaklanjuti dengan wawancara untuk data yang lebih mendalam. Keterlibatan
data baik dari survei maupun dari wawancara adalah untuk mendapatkan
informasi yang lebih dapat diandalkan mengenai topik yang diselidiki. Penelitian
ini melibatkan lima belas siswa sebagai peserta penelitian untuk menanggapi
kuesioner. Selanjutnya penelitian ini menindaklanjuti hasil kuesioner dengan
mewawancarai 3 dari 15 peserta tersebut. Untuk mengumpulkan data kuesioner
didistribusikan menggunakan media Googleform dengan item pilihan ganda, dan
media Whatsahapp untuk mengumpulkan data wawancara.
Temuan ini mengungkapkan bahwa siswa memiliki persepsi positif
terhadap podcast. Sebagian besar peserta setuju bahwa mereka menyukai podcast
karena membantu mereka dalam belajar bahasa Inggris khususnya keterampilan
mendengarkan. Efek positif lain adalah bahwa kosakata siswa meningkat. Oleh
karena itu, temuan menunjukkan bahwa podcast dapat digunakan sebagai media
pengajaran alternatif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. | en_US |