Penggunaan Media Flashcard pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Miftahul Ulum Ampeldento

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Jannah, Risky Raudlatul
dc.date.accessioned 2023-10-06T04:26:06Z
dc.date.available 2023-10-06T04:26:06Z
dc.date.issued 2023-06-13
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8233
dc.description.abstract Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Ampeldento belum berpengaruh terhadap suasana yang penuh semangat, dan menyenangkan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist dikarenakan seringkali penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadist mengunakan metode ceramah sehingga terjadinya kebosanan siswa terhadap pembelajaran saat di kelas. Hal ini peneliti menguraikan fokus yang terdiri dari (1. perencanaan penggunaan media flashcard pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Miftahul Ulum Ampeldento 2. dan untuk mengetaui dampak penggunaan media flashcard pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Miftahul Ulum Ampeldento. Adapun tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan perencanaan penggunaan media flashcard pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Miftahul Ulum Ampeldento, serta mengetaui dampak penggunaan media flashcard pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Miftahul Ulum Ampeldento Untuk berhasilnya tujuan penelitian, peneliti mengunakan metode penelitian pendekatan Kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui obsrvasi partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan baik selama proses pengumpulan data maupun setelah pengumpulan data melalui tahapan-tahapan analisis, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu: memperpanjang keterlibatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat adanya 1) Penggunaan media flashcard pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Miftahul Ulum Ampeldento dilakukan dengan cara: guru membuka pembelajaran dengan berdoa dan menanyakan kabar mereka, guru dan siswa bersama membaca surah Al-Bayyinah, mengeluarkan media kartu yang telah dipersiapkan sebelum melakukan penerapan di dalam kelas, guru menginformasikan teknis pembelajaran mengunakan media flashcard dalam materi surah Al-Bayyinah, guru menunjuk satu persatu siswa untuk membaca surah Al-Bayyinah yang telah ada di dalam kartu, 2) Dampak penggunaan media flashcard pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Miftahul Ulum Ampeldento yaitu Siswa dalam proses belajar siswa sangat gembira serta senang dengan adanya belajar sambil bermain sehingga siswa sangat berantusias serta aktif dalam melakukan proses pembelajaran. Adapun faktor pendukung pembelajaran mengunakan media flashcard dalam materi surah Al-Bayyinah yaitu pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa aktif, siwa akan faham bacaan surah Al-Bayyinah dengan mengunakan media flashcard. Kata Kunci: Implementasi, Media Flashcard, Al-Qur’an Hadist en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Media Flashcard en_US
dc.subject Al-Qur’an Hadist en_US
dc.title Penggunaan Media Flashcard pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Miftahul Ulum Ampeldento en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account