dc.description.abstract | Pendidikan memiliki pengaruh yang besar terhadap pembangunan sumber daya manusia. Perwujudan negara yang maju tidak bisa dilepaskan dari kualitas SDM warga negaranya, sedangkan kualitas warga negara tidak bisa dilepaskan dari kualitas pendidikan yang didapatkan oleh warga negaranya. Oleh karena itu, dengan menggali dan mengembangkan potensi pada anak yang dimulai sejak dini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam dunia pendidikan. Menurut Wiyani (2021), Oleh karena itu, penting mewujudkan pendidikan yang ramah kepada anak dan memberikan sepenuhnya hak-hak anak serta membantu anak tumbuh berkembang sesuai dengan potensinya. Perwujudan program ramah anak di Kota Malang mulai dilakukan pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan dengan terus berupaya menciptakan Sekolah Ramah Anak. Dengan menciptakan suasana “rumah” dalam sekolah hal tersebut akan membuat peserta didik akan nyaman dan suasana pembelajaran akan menjadi kondusif. Beberapa Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tersebut memberikan perhatian khusus pada pengembangan nilai-nilai moral dan etika yang tinggi dalam diri siswa. Hal ini bertujuan agar siswa menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan demokratis bertanggung jawab. Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dengan judul “Eksplorasi Program ramah anak di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang “
Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah yang telah dijelaskan maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan dan menjabarkan mengenai (1) Kebijakan Program Ramah Anak di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (2) Fasilitas pendukung yang digunakan untuk mewujudkan Progarm Ramah Anak di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (3) Partisipasi para pelaku pendidikan dalam mewujudkan Progarm Ramah Anak di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Jenis Penelitian kuantitatif deskriptif ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif presentase. Untuk menentukan jenis deskriptif persentase yang diperoleh masing- masing indikator dalam variabel, dan perhitungan deskriptif persentase kemudian ditafsirkan secara sistematis dan lebih menekankan pada data factual dari pada penyimpulan. Dari pertimbangan yang dilakukan pada penelitian ini, maka diputuskan untuk mengambil sampel yakni seluruh Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan antara lain adalah Angket / Kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Validitas untuk menguji keakuratan skala penelitian yang digunakan dan uji reabilitas untuk menentukan ketetapan hasil pengukuran dari penelitian ini.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Kebijakan program ramah anak di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang bertujuan untuk mewujudkan Anak Kota Malang yang sehat, berpendidikan, aktif, kreatif, unggul, berakhlak mulia dan mandiri terbebas dari kekerasan. Sebanyak 71% responden menyatakan sangat setuju dengan adanya kebijakan Ramah Anak. Hal tersebut dilakukan melalui usaha mewujudkan hak-hak dasar anak di Madrasah. Hal terebut dilakukan sekolah dengan cara menyediakan komitmen secara tertulis mengenai Sekolah Ramah Anak, kebijakan yang mengatur tentang Peserta didik Berkebutuhan Khusus (ABK) dan Peserta didik Berhadapan dengan Hukum yang ada di sekolah (ABH), serta menjaga dan melindungi serta membangun sistem pelayanan terhadap korban kekerasan, eksploitasi, diskriminasi dan pelanggaran anak lainnya (2) Fasilitas Pendukung yang digunakan untuk mewujudkan Program ramah anak di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan menciptakan Proses pembelajaran SRA yang berkualitas yang didukung oleh Sarana dan Prasarana yang memadai serta kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada. Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang telah berusaha Memutus siklus kekerasan di sekolah yang biasanya terjadi dari generasi ke generasi. Sekolah juga berusaha menganalisis bentuk kekerasan, ciri-cirinya, dan penyelesaiannya. (3) Partisipasi para pelaku pendidikan dalam mewujudkan Progarm Ramah Anak di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang dapat dilakukan antara lain adalah dengan melakukan komunikasi intens dengan anak, melakukan pengawasan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan anak termasuk memastikan penggunaan internet sehat dan media sosial yang ramah anak. Bentuk patisipasi lain yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan sekolah ramah anak adalah dengan membangun komunikasi yang intensif antara stakeholders lainnya dengan madrasah terkait.
Kata Kunci: Program Ramah Anak, Ekplorasi, Madrasah Ibtidaiyah | en_US |