dc.description.abstract | Berdasarkan pendidikan seumur hidup dan dengan kehidupan anak yang paling banyak adalah dalam lingkungan keluarga, maka keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. Dengan demikian orang tua mengemban tugas yang kodrati untuk menjadi pendidik dan pembimbing yang bijaksana. Untuk itu orang tua harus dapat memotivasi dari segala dorongan atau kebutuhan yang ada diri anak. Salah satu usaha yang ditempuh orang tua yaitu pada melimpahkan anakya kepada lembaga pendidikan di sekolah, namun demikian tidak semua waktu luang untuk belajar di dalam sekolah, maka dalam hal ini memerlukan pengarahan dan pembinaan orang tua. Dewasa ini yang menjadi sorotan bagi dunia pendidikan adalah masalah perkelahian antar pelajar, hal ini bukan di sebabkan oleh rendahnya ekonomi orang tua. Justru yang menjadi kendala adalah kurangnya pendekatan orang tua terhadap anak yang kurang harmonis, sehingga anak tidak betah tinggal di rumah, frustasi dan malas belajar.
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Al-Fattah. Jadi dalam hal in tujuan penelitian bersifat korelatif. Karena dalam penulisan skripsi ini memerlukan waktu dan biaya serta tenaga yang cukup, maka peneliti dalam mengumpulkan data dengan mempergunakan metode kwesioner dan dokumenter. Demikian juga dalam pengambilan sampelnya tidak menggunakan populasi sampel total melainkan dengan tehnik random sampling. Kemuadian data yang didapat diolah dan selanjudnya di analisa mempergunakan tehnik analisa Jule's Q.
Pokok hasil penelitian yang penulis simpulkan bahwa hubungan antara totalitas motivasi orang tua dengan nilai sumatif bidang studi PAI. (0,6394), berarti ada hubungan positif yang mantap, Sedang hubungan antara totalitas motivasi orang tua dengan nilai raport bidang studi PAI (O,8160), berarti ada hubungan positif yang sangat kuat.
Dari analisa data dengan menggunakan rumus Jule's Q ternyata nilai convensi Q diatas 0,70, yaitu berkisar = 0,7277, berarti ada hubungan positif yang sangat kuat sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh positif yang sangat kuat antara motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah I Kodya Malang. Untuk itu disarankan bagi orang tua untuk lebih meningkatkan motivasi terhadap anak dalam belajar, mengingat motivasi merupakan elemen penting dalam menunjang keberhasilan pendidikan di sekolah.
Kata Kunci : Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar Siswa | en_US |