dc.description.abstract | Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh motivasi mahasiswa yang berbeda-beda dalam mengikuti pendidikan pesantren. Lingkungan religius di Pondok Pesantren menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa mahasiswa. Meskipun dikenal sebagai lingkungan tempat tinggal yang taat aturan dan memprioritaskan kedisiplinan, tidak sedikit mahasiswa yang justru lebih tertarik dan memilih untuk mengikuti pendidikan pesantren. Keputusan mahasiswa dalam mengikuti pendidikan Pesantren didorong oleh berbagai macam faktor seperti faktor internal yang berasal dari dalam diri mahasiswa dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri mahasiswa. Selain itu peneliti ingin melihat bagaimana motivasi internal dan eksternal mahasiswa dalam mengikuti pendidikan pesantren di pesantren mahasiswa Ar-rahman Tlogomas, Lowokwaru, Malang, dari latar belakang itulah penelitian ini diangkat dan dijadikan tema dalam skripsi.
Tujuan dari penelitian ini di laksanakan selain berasal dari latar belakang yang telah di jelasskan yaitu 1) Untuk mengetahui motivasi internal dan eksternal apa saja bagi mahasiswa dalam mengikuti pendidikan pesantren di pesantren mahasiswa Ar-rahman Tlogomas, Lowokwaru, Malang. 2) Untuk mengetahui langkah mahasiswa dalam menjadikan motivasi internal dan eksternal dalam mengikuti pendidikan pesantren di pesantren mahasiswa Ar-rahman Tlogomas, Lowokwaru, Malang. 3) Untuk mengetahui model motivasi internal dan eksternal bagi mahasiswa dalam mengikuti pendidikan pesantren di pesantren mahasiswa Ar-rahman Tlogomas, Lowokwaru, Malang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di pesantren mahasiswa Ar-rahman Tlogomas, Lowokwaru, Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan wawancara lebih mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi ahli, diskusi teman sejawat, dan triangulasi.
Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan membuahkan tiga kesimpulan sesuai yang menjadi fokus penelitian. Fokus pertama membahas 1) motivasi internal dan eksternal mahasiswa dalam mengikuti pendidikan pesantren didorong oleh berbagai macam faktor diantaranya : faktor individu, faktor agama, peran orang tua, kegiatan pesantren, dan motivasi dari ustadz. 2) langkah mahasiswa dalam menjadikan motivasi internal dan eksternal dalam mengikuti pendidikan pesantren ada beberapa macam diantaranya : menyiapkan kebutuhan pendidikan pesantren, mengikuti pendidikan pesantren dengan disiplin, menaati peraturan yang dibuat oleh pesantren, dorongan dari teman dan ustadz, dan peraturan pesantren. 3) model motivasi internal dan eksternal bagi mahasiswa dalam mengikuti pendidikan pesantren ada beberapa bentuk motivasi diantaranya : tujuan mahasiswa dalam mengikuti pendidikan pesantren, disiplin dalam mengikuti pendidikan pesantren, tanggung jawab terhadap pendidikan pesantren, belajar demi memenuhi kewajiban, belajar demi menghindari hukuman, dan target pesantren.
Kata Kunci: Motivasi Mahasiswa, Pendidikan Pesantren | en_US |