dc.description.abstract | Sumber-sumber refrensi dari pendidikan akhlak sangatlah banyak mulai
dari Imam Ghazali, Az-Zarnuji, Muhammad Syakir, dan lain sebagainya yang
karyanya sangat munumental dan masih menjadi acuan refrensi hingga saat ini.
Tak terkecuali para ulama Indonesia yang juga memiliki kekhasan pola berpikir
yang tertuang dalam karya-karyanya seperti Syekh Ihsan bin Dahlan Jampes..
Beliau memiliki putra bernama Syekh Muhammad bin Ihsan Pemikirannya tidak
jauh dari pemikiran ayahnya yang mana memadukan antara kontruksi sosial,
budaya dan pendidikan yang juga mempunyai beberapa karya tulis, seperti
Hidayatut Thullab dan Mufidut Thullab yang akan menjadi bahan kajian penulis
dalam meneliti tentang pendidikan akhlak.
Tujuan dari penelititan ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan
metode pendidikan akhlak dalam kitab Hidayatut Thullab wa Mufidut Thullab.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana konsep pendidikan akhlak
dalam kitab Hidayatut Thulab wa Mufidut Thulab menurut Syekh Muhammad bin
Syekh ihsan Jampes dan bagaimana metode pendidikan akhlak dalam kitab
Hidayatut Thulab wa Mufidut Thulab menurut Syekh Muhammad bin Syekh
Ihsan Jampes.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian kajian pusataka.
Kajian pustaka berisi teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian mengenai
konsep dan teori bagian ini dilakukan berdasarkan literature, terutama dari artikelartikel yang di publikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah. Kajian pustakan
berfungsi membangun konsep dan teori yang menjadi sumber dasar studi dalam
penelitian
Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Hidayatut Thulab Wa Mufidut
thulab secara spesifik ada beberapa poin penting yang mencangkup konsep
pendidikan akhlak, yaitu: Adab dalam bertutur kata, adab bertindak, Ilmu, dan
Ijtihad. Metode pendidikan Akhlak Syekh Muhammad bin Syekh Ihsan Jampes
dalam kitab Hidayatut Thulab wa Mufidut Thulab ini, karena menurut Syekh
Muhammad bin Syekh Ihsan Jampes bahwa seorang pendidik tidak diharuskan
untuk menggunakan metode tertentu dalam melaksanakan proses pendidikan
akhlak. Metode yang berhasil ditemukan antara lain : metode Targib dan Tarhib,
Pembiasaan diri, Dialog, Nasehat, Kisah, Perumpamaan | en_US |