dc.description.abstract | Guru merupakan bagian penting dalam pendidikan. Guru memiliki beragam peran dalam baik pada pendidikan formal maupun non formal. Guru bukan hanya berperan mendidik tetapi berperan pula sebagai pemberi motivasi, fasilitator, pembimbing, serta pembentuk karakter pada diri siswa. Salah satu karakter yang dapat dibentuk yakni karakter kepemimpinan. Adapun guru dalam menjalankan perannya perlu adanya pendekatan yang tepat untuk memberikan perlakuan terhadap objek pembelajaran yaitu siswa. Guru juga perlu memperhatikan metode yang digunakan sebagai sarana untuk siswa memperoleh informasi. Strategi juga diperlukan sebagai langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran. Sehingga dalam penelitian ini peneliti menguraikan pendekatan, metode dan strategi yang yang digunakan guru SKI dalam membentuk karakter kepemimpinan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data hasil penelitian dalam bentuk kata-kata. Adapun dalam penlitian ini metode kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan informasi tentang bagaimana strategi, metode dan pendekatan yang digunakan guru sejarah kebudayaan Islam (SKI) dalam membentuk karakter kepemimpinan pada siswa. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Studi kasus dalam penelitian ini digunakan untuk pengumpulan informasi lengkap menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada pada pembelajaran SKI kelas VII di MTsN Kota Batu diperoleh bahwa pendekatan yang digunakan yaitu pendektan kontekstual. Pendekatakan terseut mengarahkan siswa untuk bisa mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Adapun karakter kepemimpinan yang terbentuk adalah kemandirian. Sedangkan metode yang digunkan ada tiga yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi. Penggunaan metode tersebut dalam pembelajaran dalam membentuk karakter pemberani, gotong royong dan empati. Srtategi yang digunakan guru SKI yaitu strategi Problem Based Learning atau PBL. Strategi tersebut mengarahkan siswa untuk mampu mengaitkan materi dengan kondisi saat ini melalui permaslahan. Adapun karakter kepemimpinan yang dibentuk dari penerapan strategi tersebut yakni mandiri, kreatif dan inovatif.
Kata Kunci : Peran Guru, SKI, Kepemimpinan | en_US |