Show simple item record

dc.contributor.authorRizkiyah, Novidatur
dc.date.accessioned2020-12-12T01:28:41Z
dc.date.available2020-12-12T01:28:41Z
dc.date.issued2020-07-22
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/830
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasanya jam pendidikan sekolah, dan kurang perhatiannya orang tua dalam mendidik anaknya di bidang agama, teutama dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Dari latar belakang tersebut, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an taman pendidikan al-qur’an (TPQ) di Desa Jeruk Sok Sok Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso, untuk mendeskripsikan problematika dalam penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an taman pendidikan al-qur’an (TPQ) di Desa Jeruk Sok Sok Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Sumber data berasal dari kepala TPQ, dan wakil ketua TPQ Darus Sholah. Dokumentasi berupa foto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan pengamatan lebih lama, wawancara lebih mendalam, diskusi ahli, diskusi teman sejawat, triangulasi data, dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematika yang dihadapi pada saat penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu: sikap peserta didik yang kurang sopan, kurangnya konsentrasi peserta didik pada saat pembelajaran, seperti: bermain sendiri, berbicara dengan teman yang satu dengan yang lain, ada juga peserta didik yang tertidur pada saat pembelajaran berlangsung. Faktor pendukung dalam penerapan strategi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an meliputi: Pertama, faktor guru, di TPQ Darus Sholah ini seorang guru sudah menguasai metode tilawati, menguasai materi pembelajaran, maka dengan ini pembelajaran akan berjalan dengan lancar. Kedua, faktor peserta didik, dalam kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Darus Sholah ini rata-rata mampu membaca dengan benar dan cepat sesuai dengan metode tilawati. Peserta didik tidak hanya membaca Al-Qur’an di TPQ saja, melainkan dirumah juga, maka dari itu peserta didik berjalan lancar karena peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam membaca. Ketiga, faktor lingkungan, tertutama lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik, orang tua juga selalu mendukung dan memotivasi semua kegiatan putra putrinya, dan jangan mengandalkan suatu lembaga agar menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Faktor penghambat dari penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu: Pertama, faktor guru, guru menjadi faktor keberhasilan peserta didik. Akan di TPQ Darus Sholah ini guru tidak datang tepat waktu, kurangnya komunikasi antara guru yang satu dan yang lain. Kedua, faktor peserta didik, jika peserta didik sudah selesai mengaji di TPQ maka ia akan malas untuk membaca Al-Qur’an, maka demikian peserta didik yang seperti ini akan menghambat proses pembelajaran, karena kemampuan membaca Al-Qur’annya kurang. Ketiga, faktor lingkungan, terutama lingkungan keluarga, kebanyakan orang tua dirumah tidak membaca Al-Qur’an, karena meniru orang tuanya, maka dari itu keluarga sangat berpengaruh terhadap sikap dan kebiasaan peserta didik. Metode pembelajaran yang digunakan di TPQ Darus Sholah ini menggunakan metode tilawati, dengan pendekatan klasikal dan individual. Dalam proses pembelajaran yang meliputi kelancaran membaca Al-Qur’an siswa, kemampuan membaca siswa sesuai dengan tajwid, dalam melafalkan huruf sudah sesuai dengan makharijul hurufnya, secara keseluruhan sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh lembaga Tilawati. Di TPQ Darus Sholah ini juga terdapat kegiatan penunjang seperti: menghafalkan surat-surat pendek, menghafalkan surat munjiyat/pilihan, menghafalkan do’a sehari-hari dan menghafalkan bacaan-bacaan dalam sholat. Adapun saran bagi lembaga TPQ, disarankan untuk mendukung dan mengembangkan progam pembelajaran Al-Qur’an, bagi guru TPQ, diharapkan tepat waktu dan saling menjaling komunikasi antara guru yang 1 dengan yang lain, bagi para pembaca, diharapkan peneltian ini dapat menambah wawasan dan rujukan dalam memahami penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Tilawatien_US
dc.subjectKemampuan Membacaen_US
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.titlePenerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Di Desa Jeruk Sok Sok Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowosoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record