Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Oktaviani, Indah Ika
dc.date.accessioned 2023-10-13T07:09:24Z
dc.date.available 2023-10-13T07:09:24Z
dc.date.issued 2023-07-05
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8316
dc.description.abstract Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Dalam penerapannya pada pembelajaran, kurikulum merdeka telah dikembangkan menjadi kurikulum yang lebih variabel namun tetap fokus pada materi-materi yang mendasar, pengembangan karakter serta kompetensi pada siswa. Berdasarkan observasi awal, Bahwasanya Penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran PAI di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang masih dilaksanakan secara bertahap dan masih dikembangkan lagi secara mendalam. Seperti pada ulasannya bahwa kurikulum merdeka memiliki tujuan sebagai pemulihan pada krisisnya pembelajaran yang semakin parah akibat pandemi, selain itu juga untuk memberikan kebebasan kepada lembaga maupun guru untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum serta pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan. Dari latar belakang penelitian diatas, maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran PAI di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran PAI yang dilaksanakan oleh guru PAI. Untuk mengetahui tujuan tersebut diatas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan Tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang variabel, yang berupa catatan-catatan, buku dan lain sebagainya. Hasil penelitian yang didapatkan yakni 1) Perencanaan Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang adalah Guru mengikuti pelatihan terkait konsep kurikulum merdeka, guru membuat rancangan media pembelajaran dan Guru membuat Modul Pembelajaran. 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang dengan membuat langkah-langkah pembelajaran yang disesuikan dengan standar pemerintah, serta penggunaan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajarannya. 3) Evaluasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Agama Islam di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang dilakukan secara internal dan eksternal dari Sekolah SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account