dc.description.abstract | Pembelajaran akidah akhlak untuk siswa madrasah aliyah merupakan suatu
tindakan melatih pikiran siswa sedemikian rupa sehingga dalam sikap hidup dan
tindakan dipengaruhi oleh nilai spritual. Pembelajaran akidah akhlak sasaranya
adalah pembentukan watak, sikap, tingkah-laku bahkan pendewasaan seluruh
aspek-aspek kepribadian anak, karena anak lebih banyak waktunya bersama orang
tua, maka pembelajaran akhlak juga dilakukan oleh orang tua.
Madrasah Aliyah Al Hidayah Donowarih merupakan lembaga naungan
pondok pesantren Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang, yang notabene
nya lembaga dibawah naungan pondok pesantren yang menginginkan siswa
maupun siswi yang memiliki perkembangan ilmu yang pesat namun tetap
menjunjung tinggi nilai akhlaqul karimah.
Dalam kurikulum madrasah aliyah Al Hidayah Donowarih Karangploso
terdapat mata pelajaran akidah akhlak yang diharapkan dapat membawa akhlakul
karimah pada setiap jiwa siswa siswi nya. Berdasarkan observasi peneliti saat
berkunjung di Madrsah Aliyah Al Hidayah Donowarih Karangploso siswa
siswinya beberapa memiliki akhlakul karimah yang baik namun tidak semua
seperti itu banyak juga yang menurut peneliti akhlaknya kurang.
Dalam hal ini peneliti melakukan observasi awal pada kelas X, XI dan XII
di Madrasah Aliyah Al Hidayah Donowarih Karangploso ,ada enam rombongan
belajar pada dasarnya tidak semua siswa siswi memperhatikan guru yang sedang
menjelaskan materi akidah akhlak, ada beberapa yang asyik berbicara sendiri
dengan temannya, ada yang asyik sendiri dengan bukunya, bahkan ada yang tidur.
Hal ini sangat miris sekali jika terus menerus selama ini kegiatan belajar mengajar
seperti ini.
Dari uraian data diatas maka peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut
dengan judul penelitian “ Pembelajaran Akidah akhlak di Madrasah Aliyah Al
Hidayah Karangploso Malang”. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah 1) Untuk
mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Akidah akhlak di Madrasah Aliyah
Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang. 2) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaran Akidah akhlak kelas di Madrasah Aliyah Al Hidayah
Donowarih Karangploso Malang. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi
pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Al Hidayah Donowarih
Karangploso Malang.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Sumber data yang di
dapat dari Guru Akidah Akhlak dan siswa MA Al Hidayah Donowarih
vii
Karangploso. Dalam pemilihan siswa penulis menggunakan teknik sampel dengan
pemilihan secara random yakni masing-masing 2 siswa dari tiap jenjang. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam
menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi.
Hasil penelitian ini mencakup 1) Perencanaan pembelajaran guru mata
pelajaran Akidah Akhlak di MA Al Hidayah DonowarihKarangploso, sebelum
melaksanakan proses pembelajaran yakni menyusun RPP, dan skenario
pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaranya, meliputi kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi pembelajaran mata pelajaran
Akidah Akhlak di MA Al Hidayah Donowarih Karangploso menggunakan
penilaian otentik yang mencakup menilai kesiapan peserta didik secara fisik dan
psikis, perilaku peserta didik di dalam maupun di luar pembelajaran, dan menilai
hasil pembelajaran secara utuh. Guru menggunakan dua evaluasi yakni melalui
evaluasi sikap dan evaluasi mengerjakan soal. Dari hasil kedua evaluasi tersebut
kemudian diambil nilai akhir yang menjadi bukti hasil belajar siswa yang akan
dilaporkan kepada wali murid dalam bentuk raport. Pembelajaran kokurikuler dan
ekstrakurikuler juga dilaksanakan di MA Al Hidayah Donowarih Karangploso
guru juga melaksanakan kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. | en_US |