Show simple item record

dc.contributor.authorMa’rifah, Siti Nur
dc.date.accessioned2023-10-13T07:21:44Z
dc.date.available2023-10-13T07:21:44Z
dc.date.issued2023-07-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8323
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa selam ini pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus belum terlayani dengan baik. Pendidikan adalah hak setiap warga negara, termasuk bagi anak berkebutuhan khusus. Terutama bagi mereka yang beragama Islam, pendidikan agama islam merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk diberikan dan manusia mempunyai hak yang sama dihadapan Allah SWT. Dalam proses pembelajarannya, mereka butuh penanganan khusus. Oleh karena itu perlu kita ketahui bagaimana pembelajaran tersebut dilakukan. Dengan adanya pembelajaran khusus ini diharapkan ABK memperoleh pengetahuan yang baik mengenai agama Islam. Berdasarkan konteks penelitian merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana perencanaan guru dalam penenman nilai-nilai Pendidikan agama islam pada anak berkebutuhan khusus SLB Yayasan Putra Panncasila Malang? (2) Bagimana pelaksanaan guru dalam penenman nilai-nilai Pendidikan agama islam pada anak berkebutuhan khusus SLB Yayasan Putra Panncasila Malang? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam penenman nilai-nilai Pendidikan agama islam pada anak berkebutuhan khusus SLB Yayasan Putra Panncasila Malang? Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui perencanaan guru dalam penenman nilai-nilai Pendidikan agama islam pada anak berkebutuhan khusus SLB Yayasan Putra Panncasila Malang? (2) Untuk mengetahui pelaksanaan guru dalam penenman nilai-nilai Pendidikan agama islam pada anak berkebutuhan khusus SLB Yayasan Putra Panncasila Malang? (3) Untuk mengatahui evaluasi guru dalam penenman nilai-nilai Pendidikan agama islam pada anak berkebutuhan khusus SLB Yayasan Putra Panncasila Malang? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan empat yakni: mengumpulkan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan empat kriteria yaitu: ketekunan pengamatan, triangulasi dan teman sejawat. Informan penelitian yaitu: kepala sekolah, waka kurikulum dan guru di SLB Yayasan Putra Pancasila Malang. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di SLB Yayasan Putra Pancasila Malang telah berjalan dengan baik. Kurikulum PAI untuk ABK menggunakan kurikulum yang mengacu pada kurikulum 2013, dengan modifikasi sesuai kebutuhan. Pelaksanaan metode Pembelajaran PAI bagi Anak berkebutuhan khusus adalah metode ceramah, metode hafalan, dan metode praktik. evaluasi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam pada anak berkebutuhan khusus di SLB yayasan putra pancasila dilakukan dengan evaluasi terhadap materi pembelajaran, evaluasi metode pembelajaran, evaluasi terhadap partisipasi siswa terhadap pemahaman siswa, evaluasi terhadap penerapan nilai-nilai agama, evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran. Kata Kunci: Upaya Guru, Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khususen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.subjectMenanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectAnak Berkebutuhan Khususen_US
dc.titleUpaya Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Putra Pancasila Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record