dc.description.abstract | Program keagamaan merupakan suatu rencana yang sudah di rancang
dengan matang dengan tujuan untuk mewujudkan suasana keagamaan di
sekolah/madrasah yang dapat dilakukan melalui pendekatan pembiasaan,
keteladanan, dan pendekatan persuasif atau mengajak peserta didik dengan cara
yang halus dengan alasan yang baik yang bisa meyakinkan mereka.
Sekolah Menengah Pertama Islam Wajak menerapkan pembiasaan
amaliyah Islam yang terprogram dan sistematis dalam membentuk nilai karakter
disiplin pada siswa-siswi, agar mereka terbiasa dengan beban yang di wajibkan
sebagai pelajar. Maka dari sini pentingnya program keagamaan dikembangkan
dengan melakukan inovasi seluruh kegiatan keagamaan guna untuk menentukan
keberhasilan siswa di SMP Islam Wajak dan sebagai peningkatan kedisiplinan
siswa SMP Islam Wajak.
Dari konteks penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah yaitu:
1) Bagaimana konsep program keagamaan dalam membentuk nilai karakter
disiplin siswa di SMP Islam Wajak ? 2) Bagaimana implementasi program
keagamaan dalam membentuk nilai karakter disiplin siswa di SMP Islam Wajak ?
3) Bagaimana evaluasi program keagamaan dalam membentuk nilai karakter
disiplin siswa di SMP Islam Wajak ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)
Untuk mendeskripsikan konsep program keagamaan dalam membentuk nilai
karakter disiplin siswa di SMP Islam Wajak. 2) Untuk mendeskripsikan
implementasi program keagamaan dalam membentuk nilai karakter disiplin siswa
di SMP Islam Wajak. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program keagamaan
dalam membentuk nilai karakter disiplin siswa di SMP Islam Wajak.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pendekatan penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi
kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman
dengan jenis analisis induktif yang prosesnya melalui Data Reduction,Data
Display, Conclusion Drawing/ verification. Dalam menguji keabsahan data
menggunakan triangulasi.
Kesimpulan dari hasil penelitian di SMP Islam Wajak bahwasannya
konsep program keagamaan di SMP Islam Wajak Kabupaten Malang memiliki
beberapa kegiatan keagamaan dan sebagai pembiasaan diantaranya: sholat dhuha
dan dhuhur berjama’ah, membaca surah yasin, waqi’ah, al-Mulk, kultum dan
pembacaan asmaul husnah. Dalam Implementasi kegiatan keagamaan ada
beberapa faktor yang mempengerahu yaitu: a) faktor pendukung, diantaranya
sarana prasarana, keluarga, dan guru yang ditugaskan menjadi imam dalam
kegiatan keagamaan. b) faktor penghambat, diantaranya adanya faktor lingkungan
sekolah dan lingkungan masyarakat. Adapun evaluasi dalam program keagamaan
yang dilakukan guru SMP Islam Wajak Kabupaten Malang dengan menggunakan
tiga tahap penilaian yaitu: penilaian spiritual yang dapat dibuktikan dengan
beribadah kepada Allah Swt, penilaian sikap dibuktikan dengan cara observasi
setiap harinya di lingkungan sekolah dan penilaian pengetahuan dibuktikan
dengan cara praktik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program
keagamaan di SMP Islam Wajak dapat membentuk nilai karakter disiplin pada
siswa sehingga program keagamaan ini di implementasikan sesuai dengan visi
yang telah di buat.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu untuk kedepannya
Sekolah Menengah Pertama Islam Wajak Kabupaten Malang dapat
mengembangkan lebih baik tentang implementasi program keagamaan dan dapat
memadukan aspek positif dari beberapa kegiatan keagamaan yang sudah ada agar
bisa maju mencapai kinerja SMP Islam Wajak yang lebih baik dan dengan hasil
yang memuaskan | en_US |