Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Livia Marta
dc.date.accessioned2023-10-13T07:26:15Z
dc.date.available2023-10-13T07:26:15Z
dc.date.issued2023-08-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8333
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal yang menunjukkan adanya kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun RA Miftahul Huda masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan masih minimnya fasilitas media. Dengan demikian maka perlu adanya pengembangan media papan pintar angka yang bertujuan untuk memperkenalkan matematika khususnya dalam bidang mengenal angka, terutama dalam berhitung permulaan, mengurutkan, dan mengenal simbol atau bentuk angka dari 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk media papan pintar angka yang layak untuk dikembangkan dan digunakan oleh anak usi 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Melalui tahapan analisis kebutuhan, wawancara, observasi, instrumen penilaian produk, membuat buku panduan penggunaan media, evaluasi oleh para ahli, dan respon guru serta siswa. Hasil penelitian dan pengembangan media papan pintar angka (PAPIKA) berdasarkan penilaian ahli media menunjukkan persentase 84%. Berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan persentase 82%. Berdasarkan uji coba kecil dengan persentase 84,2%, uji coba lapangan (uji coba besar) dengan persentase 89,7% dengan aspek penilaian anak menggunakan media papan pintar angka (PAPIKA) melalui 5 kegiatan, yaitu anak mampu mengenal angka 1-10, anak mampu berhitung dengan benar angka 1-10, anak mampu mengurutkan angka 1-10, anak mampu memasukkan stik sayur ke dalam kantong sesuai jumah angka, dan anak mampu menelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan. Kesimpulan dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa media papan pintar angka (PAPIKA) dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun RA Miftahul Huda dengan penilaian instrumen para ahli, respon guru, dan respon siswa terkait berhitung permulaan dengan menunjukkan kriteria” layak”. Kata Kunci : Media Papan Pintar Angka, Berhitung Permulaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Papan Pintar Angkaen_US
dc.subjectBerhitung Permulaanen_US
dc.titlePengembangan Media Papan Pintar Angka (PAPIKA) untuk Berhitung Permulaan pada Anak Usia 4-5 Tahunen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record