View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Media Papan Pintar Angka (PAPIKA) untuk Berhitung Permulaan pada Anak Usia 4-5 Tahun

Thumbnail
View/Open
Publish (2.225Mb)
Fulltext (5.451Mb)
Date
2023-08-09
Author
Sari, Livia Marta
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal yang menunjukkan adanya kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun RA Miftahul Huda masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan masih minimnya fasilitas media. Dengan demikian maka perlu adanya pengembangan media papan pintar angka yang bertujuan untuk memperkenalkan matematika khususnya dalam bidang mengenal angka, terutama dalam berhitung permulaan, mengurutkan, dan mengenal simbol atau bentuk angka dari 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk media papan pintar angka yang layak untuk dikembangkan dan digunakan oleh anak usi 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Melalui tahapan analisis kebutuhan, wawancara, observasi, instrumen penilaian produk, membuat buku panduan penggunaan media, evaluasi oleh para ahli, dan respon guru serta siswa. Hasil penelitian dan pengembangan media papan pintar angka (PAPIKA) berdasarkan penilaian ahli media menunjukkan persentase 84%. Berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan persentase 82%. Berdasarkan uji coba kecil dengan persentase 84,2%, uji coba lapangan (uji coba besar) dengan persentase 89,7% dengan aspek penilaian anak menggunakan media papan pintar angka (PAPIKA) melalui 5 kegiatan, yaitu anak mampu mengenal angka 1-10, anak mampu berhitung dengan benar angka 1-10, anak mampu mengurutkan angka 1-10, anak mampu memasukkan stik sayur ke dalam kantong sesuai jumah angka, dan anak mampu menelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan. Kesimpulan dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa media papan pintar angka (PAPIKA) dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun RA Miftahul Huda dengan penilaian instrumen para ahli, respon guru, dan respon siswa terkait berhitung permulaan dengan menunjukkan kriteria” layak”. Kata Kunci : Media Papan Pintar Angka, Berhitung Permulaan.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8333
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group