View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Kata dan Gambar (Kokabar) untuk Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

No Thumbnail [100%x80]
View/Open
Publish (1.816Mb)
Fulltext (6.083Mb)
Date
2023-08-15
Author
Lathifah, Siti Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Tujuan pengembangan media kotak kata dan gambar (kokabar) untuk perkembangan bahasa anak adalah membangun motivasi belajar agar anak tertarik dan tidak bosan, sehingga dalam kegiatan membaca menggunakan media kotak kata dan gambar (kokabar) dapat mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak. Berdasarkan penelitian awal, pada pembelajaran perkembangan bahasa anak di TK Muslimat NU 05 Kartini,ada beberapa temuan yang belum mencapai aspek perkembangan bahasa dan anak cenderung bosan dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran akan menjadi menarik dan tidak membosankan apabila menggunakan media. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media kotak kata dan gambar (kokabar) sebagai media dalam mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 05 Kartini. Peneliti menggunakan metode penelitian yakni penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg and Gall dengan 10 tahap, antara lain (1) penelitian potensi dan masalah,(2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Melalui tahapan analisis kebutuhan, wawancara, observasi, instrumen penilaian produk, membuat buku pedoman penggunaan media, evaluasi oleh para ahli, dan respon guru serta respon siswa. Hasil penelitian dan pengembangan media kotak kata dan gambar (kokabar) berdasarkan penilaian ahli media menunjukkan persentase sebesar 67,86%. Berdasarkan penilaian ahli materi (bahasa) menunjukkan persentase 83,33%. Berdasarkan uji coba produk awal dengan persentase 95,83%, uji coba pemakaian dengan persentase 87,38% dan uji coba lapangan dengan persentase 89,52% dengan aspek penilaian anak dalam menggunakan media kotak kata dan gambar (kokabar). Kesimpulan dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa media kotak kata dan gambar (kokabar) dapat mencapai aspek perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun TK Muslimat NU 05 Kartini dengan penilaian instrumen para ahli, respon guru, dan respon siswa terkait aspek perkembangan bahasa dengan menunjukkan kriteria “layak”.  Kata kunci : Media Kotak Kata dan Gambar, Perkembangan Bahasa
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8334
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

NoThumbnail