Show simple item record

dc.contributor.authorSa’adiyah, Nailus
dc.date.accessioned2023-10-13T07:26:31Z
dc.date.available2023-10-13T07:26:31Z
dc.date.issued2023-08-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8335
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaksaraan awal anak usia dini melalui media bola huruf pada anak Kelompok B RA Miftahul Huda Dusun Durek Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca permulaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yakni 17 anak Kelompok B yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian yakni keaksaraan awal. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk teknik pengumpulan data. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk check list, indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan menyebutkan lambang bunyi huruf, indicator menyusun kata, indicator membaca kata dan indikator menulis kata. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase masing-masing indikator keaksaraan awal pada anak telah mencapai ≥80% dengan kriteria sangat baik Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunaan media bola huruf dapat meningkatkan keaksaraan awal anak usia dini. Pada tahap Pratindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai presentase 53,67%, pada pelaksanaan Siklus I presentase yang dicapai sebesar 77,2%, dan pencapaian keaksaraan awal pada Siklus II sebesar 87,5%. Peningkatan dari Pratindakan ke Siklus I sebesar 54,5%, dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 31%. Langkah-langkah penggunaan media bola huruf yang dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal membaca permulaan sebagai berikut: a) Anak memilih salah satu gambar buah yang ada di papan rolling ball seperti buah nanas. b) Kemudian anak menyebutkan simbol huruf yang terkandung dalam kata nanas. c) anak menyusun kata nanas dengan cara menggelindingkan bola kedalam papan rolling ball. d) guru meminta anak untuk membaca kata yang sudah disusun oleh anak. Kata Kunci: Keaksaraan Awal, Media Bola Huruf, Anak Kelompok Ben_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeaksaraan Awalen_US
dc.subjectMedia Bola Hurufen_US
dc.subjectAnak Kelompok Ben_US
dc.titleMeningkatkan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Bola Hurufen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record