View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Meningkatkan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Bola Huruf

Thumbnail
View/Open
Publish (1.724Mb)
Fulltext (3.387Mb)
Date
2023-08-09
Author
Sa’adiyah, Nailus
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaksaraan awal anak usia dini melalui media bola huruf pada anak Kelompok B RA Miftahul Huda Dusun Durek Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca permulaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yakni 17 anak Kelompok B yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian yakni keaksaraan awal. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk teknik pengumpulan data. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk check list, indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan menyebutkan lambang bunyi huruf, indicator menyusun kata, indicator membaca kata dan indikator menulis kata. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase masing-masing indikator keaksaraan awal pada anak telah mencapai ≥80% dengan kriteria sangat baik Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunaan media bola huruf dapat meningkatkan keaksaraan awal anak usia dini. Pada tahap Pratindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai presentase 53,67%, pada pelaksanaan Siklus I presentase yang dicapai sebesar 77,2%, dan pencapaian keaksaraan awal pada Siklus II sebesar 87,5%. Peningkatan dari Pratindakan ke Siklus I sebesar 54,5%, dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 31%. Langkah-langkah penggunaan media bola huruf yang dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal membaca permulaan sebagai berikut: a) Anak memilih salah satu gambar buah yang ada di papan rolling ball seperti buah nanas. b) Kemudian anak menyebutkan simbol huruf yang terkandung dalam kata nanas. c) anak menyusun kata nanas dengan cara menggelindingkan bola kedalam papan rolling ball. d) guru meminta anak untuk membaca kata yang sudah disusun oleh anak. Kata Kunci: Keaksaraan Awal, Media Bola Huruf, Anak Kelompok B
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8335
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group