Show simple item record

dc.contributor.authorFarhatun, Nafisah
dc.date.accessioned2023-10-16T03:52:38Z
dc.date.available2023-10-16T03:52:38Z
dc.date.issued2023-08-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8387
dc.description.abstractSalah satu permasalahan yang dihadapi dalam dunia Pendidikan saat ini terjadi pada proses pembelajaran, siswa kurang mengembangkan kemampuan belajar secara maksimal. Maka salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengembangkan keterampilan belajar siswa yakni dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Islam Bahrul Ulum model pembelajaran dilakukan oleh guru yaitu dengan model inquiry. Dalam menerapkan model tersebut seorang guru menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, sementara itu dari pihak sekolah mendukung terselenggaranya penerapan dengan menyediakan sarana prasarana atau fasilitas sebagai penunjangnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan tujuan penelitian yakni untuk mengetahui perencanaan implementasi model inquiry pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bahrul Ulum, untuk mengetahui implementasi model inquiry pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bahrul Ulum, serta untuk Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi model inquiry pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bahrul Ulum. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan model observasi, model wawancara, dan model dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga alur kegiatan yang tejadi secara bersamaan yaitu pengumpulan data, konensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan usaha-usaha di atas, diperoleh hasil temuan penelitian bahwasanya Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru PAI di SMP Islam Bahrul Ulum membuat RPP, mempersiapkan materi ajar, menyiapkan media pembelajaran. Implementasi model inquiry di SMP Islam Bahrul Ulum diantanya: Pembukaan (memberi slam, mennyakan kaar, berdo’a bersama, dan mengabsensi siswa), orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan, dan penutup (doa). Adapun faktor pendukung usaha-usaha diatas yakni SDM guru PAI yang menguasai model, kemampuan komunikasi guru PAI, Sarana prasarana yang mendukung, sedangkan faktor penghambar usaha-usaha tersebut adalah kurangnya kesiapan siswa berfikir kritis dan logis, kurangnya atau keterlambatan referensi materi, dan alokasi waktu yang terbatas. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Inquiry, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectInquiryen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Inquiry Learning pada Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bahrul Ulum Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record