Upaya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Siswa di MA Integratif Nahdlatul Ulama Al-Hikmah Tumpang Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Maulana, Iqbal
dc.date.accessioned 2023-10-16T03:52:49Z
dc.date.available 2023-10-16T03:52:49Z
dc.date.issued 2023-08-07
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8388
dc.description.abstract Perkembangan zaman di era globalisasi khususnya dunia Pendidikan semakin melemahnya nilai-nilai Islam. Era modernisasi sekarang banyak siswa yang mengesampingkan Pendidikan agama dan lebih mengedepankan Pendidikan formal. Berkembangya teknologi dan maraknya penggunaan media elektronik menjadikan minimnya generasi muda untuk belajar kitab kuning dan belajar agama melalui situs-situs web yang belum jelas kebenaran dan kesanadannya sehingga program baca kitab kuning diperlukan oleh siswa untuk mempunyai kesanadan dari ulama-ulama terdahulu yang sudah dipastikan kealimannya. Dari latar belakang di atas maka peneliti mendeskripsikan fokus penelitian, yakni 1) upaya guru dalam meningkatkan kualitas siswa, 2) metode yang digunakan program kitab kuning, serta 3) hasil dari program kitab kuning yang berjalan di MA Integratif NU A-Hikmah Tumpang Malang. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan upaya guru, metode kitab kining dan hasil dari program kitab kuning di MA Integratif NU Al-Hikmah Tumpang Malang Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, metode wawancara, yaitu dengan mengumpulkan data melalui tanya jawab untuk mendapatkan data primer dan metode dokumentasi, yaitu pencarian data-data yang terdapat dimadrasahh. Kesimpulan dan hasil dari penelitian ini yakni 1) upaya guru dalam meningkatkan kualitas siswa dengan cara memfasilitasi, memotivasi dan mengevaluasi siswa untuk melaksanakan pembelajaran dan berbagai program di sekolah 2) metode program baca kitab kuning yang diterapkan adalah metode Yahtadi, Shorogan, hafalan dan bandongan 3) hasil atau output program kitab kuning yakni meningkatnya kualitas kognitif siswa seperti menambahnya hafalan kosa kata bahasa Arab, meningkatnya kualitas afektif siswa seperti mengetahui adab sopan santun terhadap guru dan meningkatnya kualitas psikomotorik siswa seperti bertambah baiknya kualitas tulisan bahasa Arab siswa. Kata Kunci: Upaya Guru, Kualitas Siswa, Kitab Kuning en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Kualitas Siswa en_US
dc.subject Kitab Kuning en_US
dc.title Upaya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Siswa di MA Integratif Nahdlatul Ulama Al-Hikmah Tumpang Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account