dc.description.abstract | Pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, sebab setiap manusia ketika baru dilahirkan ke dunia tidak mengenal apapun. Membahas mengenai Pendidikan, Pendidikan karakter juga penting dimiliki siswa. Pendidikan sekolah tidak hanya terkait pengetahuan di bidang akademik melainkan juga perlu diimbagi Pendidikan karakter khususnya karakter religius dan salah satu cara meningkatkan karakter religius dalam diri seseorang khususnya pada siswa adalah dengan menanamkan keimanan dan ketaqwaan.
Kemajuan zaman dan teknologi membawa dampak yang cukup besar terhadap perkembangan suatu sikap. Begtu cepatnya media online memberitakan terjadinya pemukulan guru oleh siswa, disamping itu, ditemukan juga fakta seorang guru yang dituntut oleh orang tua siswa disebabkan salah mendidik dan melakukan Tindakan kekerasan terhadap siswa tanpa adanya bukti yang kuat. Dari hal tersebut maka SMP Negeri 1 Pujon Mengadakan suatu program yang diberi nama dengan Program Iman dan taqwa atau biasa disingkat dengan imtaq.
Dari latar belakang penelitian di atas maka focus dari penelitian ini tentang bagaimana perencanaan program iman dan taqwa (imtaq), bagaimana pelaksanaan program iman dan taqwa (imtaq) dan apa saja faktor pendukung dan penghambat program iman dan taqwa (imtaq). tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses penerapan program iman dan taqwa (imtaq) yang dilakukan sekolah SMP Negeri 1 Pujon untuk meningkatkan karakter religius siswa dan faktior apa yang dapat mendukung dan menghambat proses pelaksanaan program iman dan taqwa (imtaq).
Untuk mencapai tujuan diatas peneliti melakukan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, strategi yang dilakukan sekolah SMP Negeri 1 pujon khususnya guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter religius siswa adalah dengan mengadakan kegiatan program imtaq. banyak sekali kegiatan yang ada di dalam program imtaq diantaranya adalah istighosah, muhadhooroh, shalat dzuhur, shalat dhuha, pembacaan yasin, pembacaan bacaan shalat dan BTA. Proses pelaksanaan program imtaq ada yang dilaksanakan di kelas, lapangan dan mushola. Program tersebut dilakukan secara bersama-sama dari kelas 7 sampai dengan 9.
Dan berdasarkan penerapan program imtaq didapatkan hasil temuan penelitian bahwasanya penerapan program imtaq di sekolah SMP Negeri 1 Pujon sangat berpengaruh meningkatkan keimanan dan ketaqwaaan bagi siswa, dengan keimanan dan ketaqwaan yang dimiliki siswa maka akan meningkatkan karakter religius siswa. Akan tetapi penerapan kegiatan program iman dan taqwa (imtaq) belum sepenuhnya terlaksana, karena suatu kendala maka program imtaq bulanan belum terlaksana pada semester ini. Faktor-faktor yang mendukung program imtaq yaitu adanya dukungan dari semua pihak sehingga program bisa berjalan dengan baik, sedangkan faktor-faktor yang menghambat program imtaq adalah persiapan yang kurang maksimal, keadaan siswa yang kurang taat, dan kesadaran dari masing-masing warga sekolah sehingga menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan program imtaq.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah kedepan dari SMP Negeri 1 Pujon agar menjadi lebih maju. Tetap konsisten dalam menjalankan program imtaq sehingga menjadi program unggulan sekolah. Serta dapat memperluas mengembangkan dan memperluas program imtaq dengan lebih baik lagi sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program iman dan taqwa (imtaaq) di SMP Negeri 1 Pujon antara lain: rapat dinas bersama seluruh Bapak Ibu guru, menentukan tujuan dibentuknya program, menentukan bentuk-bentuk atau macam-macam kegiatan, membentuk jadwal pelaksanaan, menentukan tenpat pelaksanaan. (2) pelaksanaan program iman dan taqwa (imtaq) di SMP Negeri 1 Pujon melalui berbagai kegiatan diantaranya: istighosah, baca yasin, baca bacaan sholat, sholat dzuhur berjama’ah, sholat dhuha dan BTA. (3) faktor yang menghambat dan mendorong program iman dan taqwa (imtaq) berasal dari individu siswa maupun guru juga tempat dan fasilitas yang tersedia.
Kata Kunci: Implementasi, Program Imtaq, Karakter Religius | en_US |