Show simple item record

dc.contributor.authorFathona, Evita
dc.date.accessioned2023-10-16T04:36:20Z
dc.date.available2023-10-16T04:36:20Z
dc.date.issued2023-08-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8404
dc.description.abstractPenelitian ini berawal dari terus merosotnya nilai-nilai Akhlakul Karimah dalam setiap ranah kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Penanaman nilai-nilai agama dalam hal ini sangat penting untuk diberikan sejak dini terutama dengan melibatkan anak-anak sebagai generasi yang berakhlak terpuji, bermoral baik dan tentunya bertakwa kepada Allah SWT. Dalam pendidikan keberadaan guru dan orang tua mendukung dalam pembinaan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kondisi akhlak siswa di SMP Negeri 9 Malang, (2) Peran guru PAI dan orang tua dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 9 Malang, (3) Mendeskripsikan model pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 9 Malang oleh guru PAI dan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 9 Malang. Metode pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penyajian dan menganalisis data, peneliti menggunakan langkah-langkah mengumpulkan data, mengkondensasi data, menyajikan data dan menyimpulkan hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kondisi akhlak siswa sudah cukup baik setelah adanya pembinaan akhlak. Dapat di lihat dari berkurangnya tingkat pelanggaran tiap tahun. 2) Pembinaan akhlak sudah diintegrasikan kepada semua mata pelajaran, baik yang bersifat umum maupun agama dan terbagi menjadi: (a) Pembinaan akhlak terhadap Allah SWT, (b) Pembinaan akhlak terhadap sesama manusia, (c) Pembinaan akhlak terhadap diri sendiri, dan (d) Pembinaan akhlak terhadap lingkungan. 3) Pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru meliputi: (a) Kegiatan pendahuluan (b) Kegiatan inti (c) Kegiatan penutup. 4) Model Pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru berupa: (a) Keteladanan, (b) Pembiasaan, (c) Nasihat, (d) Motivasi, dan (e) Peristiwa 5) Model Pembinaan akhlak yang dilakukan orang tua adalah sebagai berikut: (a) contoh dan teladan, (b) motivasi, (c) pengawasan, dan (d) hukuman. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Peran Orang Tua, Pembinaan Akhlaken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPeran Guru PAIen_US
dc.subjectPeran Orang Tuaen_US
dc.subjectPembinaan Akhlaken_US
dc.titlePeran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 9 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record