dc.description.abstract | Pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu guru untuk mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa serta dapat mendorong siswa untuk menghubungkan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan pengalamannya. Dengan penerapan pendekatan tersebut pembelajaran akan lebih aktif dan bermakna.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam As-Shodiq Bululawang Malang. 2) Untuk mendeskripsikan hasil pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam As-Shodiq Bululawang Malang. 3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam penerapan implementasi pendekatan Contextaul Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam As-Shodiq Bululawang Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Adapun sumber data yang didapat dari data primer yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan siswa. Sedangkan data sekunder didapatkan dari buku tentang profil madrasah, penelitian terdahulu tentang Contextual Teaching and Learning, dan jurnal tentang pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaotu dnegan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur, yaitu kondensi data, penyajian data, penerapan kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data yaitu perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, pengecekan sejawat, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran PAI di SMP Islam As-Shodiq Bululawang Malang sudah berjalan dengan baik, seluru guru PAI dalam menyampaikan materi pelajaran sudah menggunakan pendekatan tersebut cukup lama. Adapun faktor pendukung dalam pengimplementasian pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran PAI di antarnya: 1) SDM guru Pendidikan Agama Islam. 2) Komunikasi atau interaksi yang baik. 3) Sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat dalam pengimplementasian Contextual Teaching and Learning pembelajaran PAI di antaranya: 1) Kurangnya kesiapan siswa berpikir kritis dan logis. 2) Kurangnya atau keterlambatan ketersediaan sumber belajar. 3) Alokasi waktu yang terbatas.
Kata Kunci: Implementasi, Contextual Teaching and Learning, Pendidikan Agama Islam | en_US |