Analisis Hubungan Tingkat Literasi Keagamaan dengan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Islam Al-Amin Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Hanafi, Mochammad Irfan
dc.date.accessioned 2023-10-16T04:43:17Z
dc.date.available 2023-10-16T04:43:17Z
dc.date.issued 2023-08-16
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8414
dc.description.abstract Tingkat literasi keagamaan menjadi faktor penting dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI juga memiliki peran kunci dalam pengembangan pemahaman mereka tentang ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat literasi keagamaan dengan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Islam Al-Amin Malang yang beralamatkan di kelurahan Kedungkandang, Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis non eksperimen dengan menerapkan instrumen berupa kuesioner dan tes pemahaman siswa. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII di SMP Islam Al-Amin Malang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik, termasuk korelasi Pearson dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat antara tingkat literasi keagamaan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Hasil analisis menunjukkan nilai korelasi sebesar 0.898, yang menunjukkan hubungan signifikan antara dua variabel tersebut pada taraf signifikansi 0.00. Selain itu, analisis regresi menunjukkan bahwa tingkat literasi keagamaan memiliki kontribusi sebesar 24.6% terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Hasil regresi juga menunjukkan bahwa unstandarized coefficients sebesar 78.944 dan koefisien regresi sebesar 0.145 serta nilai signifikansi regresi sebesar 0.010. Seluruh hasil ini menunjukkan bahwa tingkat literasi keagamaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al-Amin Malang. Temuan penelitian ini mendukung diterimanya hipotesis alternatif (Ha), yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara tingkat literasi keagamaan dengan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al-Amin Malang. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penting bagi sekolah dan guru untuk meningkatkan tingkat literasi keagamaan siswa sebagai upaya untuk memperkuat pemahaman siswa tentang ajaran agama yang diajarkan dalam mata pelajaran PAI. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor-faktor lain dapat diteliti lebih lanjut untuk melihat pengaruhnya terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Kata Kunci : Literasi Keagamaan, Pemahaman Siswa en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Literasi Keagamaan en_US
dc.subject Pemahaman Siswa en_US
dc.title Analisis Hubungan Tingkat Literasi Keagamaan dengan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Islam Al-Amin Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account