Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Puput Tri
dc.date.accessioned2023-10-16T04:45:45Z
dc.date.available2023-10-16T04:45:45Z
dc.date.issued2023-08-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8417
dc.description.abstractFenomena perkembangan teknologi membawa pembaharuan bagi masyarakat yang ditandai dengan adanya penggunaan media digital pada kegiatan sehari-hari.Salah satu peranan penting Literasi visual yakni dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan pembelajaran yang harus ada pada setiap jenjang pendidikan. Fokus penelitian yakni tentang karakteristik siswa, metode pebelajaran yang diterapkan serta hasil belajar siswa dengan adanya implementasi Literasi visual dalam pembelajaran materi bola voli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik siswa, metode pebelajaran yang diterapkan serta hasil belajar siswa dengan adanya implementasi Literasi visual dalam pembelajaran materi bola voli. Pendekatan dan jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini juga bertujuan untuk mencari teori dengan peneliti terlibat langsung ke lapangan. Sehingga data yang disajikan akan mendeskripsikan hasil secara lebih jelas, sesuai, dan tanpa direkayasa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan pengisian angket serta dilengkapi dengan data data penelitian terdahulu dari buku, jurnal maupun referensi lainnya. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa siswa memiliki karakteristik aktif serta memiliki rasa ingin tahu lebih tinggi pada pembelajaran yang menggunakan visualitas sehingga siswa cenderung memiliki gaya belajar visual. Sedangkan metode yang digunakan merupakan metode variatif berupa kombinasi antara metode satu dengan yang lain karena cocok pada pembelajaran voli dengan penerapan Literasi visual. Hal ini dikarenakan metode demonstrasi melibatkan keaktifan siswa melalui peragaan secara langsung. Literasi visual yang diterapkan pada pembelajaran voli, siswa menjadi lebih aktif dan mampu memvisualkan gerakan ke dalam bentuk gambar. Sehingga hasil belajar siswa cenderung lebih aktif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa adanya visualisasi. Fenomena perkembangan teknologi membawa pembaharuan bagi masyarakat yang ditandai dengan adanya penggunaan media digital pada kegiatan sehari-hari.Salah satu peranan penting Literasi visual yakni dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan pembelajaran yang harus ada pada setiap jenjang pendidikan. Fokus penelitian yakni tentang karakteristik siswa, metode pebelajaran yang diterapkan serta hasil belajar siswa dengan adanya implementasi Literasi visual dalam pembelajaran materi bola voli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik siswa, metode pebelajaran yang diterapkan serta hasil belajar siswa dengan adanya implementasi Literasi visual dalam pembelajaran materi bola voli. Pendekatan dan jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini juga bertujuan untuk mencari teori dengan peneliti terlibat langsung ke lapangan. Sehingga data yang disajikan akan mendeskripsikan hasil secara lebih jelas, sesuai, dan tanpa direkayasa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan pengisian angket serta dilengkapi dengan data data penelitian terdahulu dari buku, jurnal maupun referensi lainnya. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa siswa memiliki karakteristik aktif serta memiliki rasa ingin tahu lebih tinggi pada pembelajaran yang menggunakan visualitas sehingga siswa cenderung memiliki gaya belajar visual. Sedangkan metode yang digunakan merupakan metode variatif berupa kombinasi antara metode satu dengan yang lain karena cocok pada pembelajaran voli dengan penerapan Literasi visual. Hal ini dikarenakan metode demonstrasi melibatkan keaktifan siswa melalui peragaan secara langsung. Literasi visual yang diterapkan pada pembelajaran voli, siswa menjadi lebih aktif dan mampu memvisualkan gerakan ke dalam bentuk gambar. Sehingga hasil belajar siswa cenderung lebih aktif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa adanya visualisasi. Kata Kunci : Implementasi, Literasi visual, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectLiterasi Visualen_US
dc.subjectPendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)en_US
dc.titleImplementasi Literasi visual pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas Tinggi di SD Negeri 3 Bandungrejoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record