Show simple item record

dc.contributor.authorJannah, Risma Salsabilatal
dc.date.accessioned2023-10-16T05:26:47Z
dc.date.available2023-10-16T05:26:47Z
dc.date.issued2023-08-31
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8436
dc.description.abstractRuas Jalan Lintas Selatan (JLS) yang terletak di Kabupaten Tulungagung dengan total panjang 11,6 km. Ruas jalan tersebut dibangun dengan tujuan untuk jalan alternatif dari jalan lintas utara (Pantura). Ruas Jalan Lintas Selatan direncanakan menggunakan perkerasan lentur. Pada penelitian ini dibahas mengenai dua metode perkerasan lentur untuk mendapatkan efisiensi dari kedua metode. Metode yang digunakan adalah Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) Bina Marga 2017 dan American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO) 1993. Perkerasan jalan direncanakan dengan umur rencana 20 tahun. Dari hasil perhitungan analisa Lalu lintas Harian Rencana (LHR), pada metode MDPJ Bina Marga 2017 didapatkan nilai CESA 6.520.000 ESAL. Sedangkan pada metode AASHTO 1993 didapatkan nilai CESA 2.614.013 ESAL. Dari perhitungan CESA, didapatkan nilai tebal perkerasan lentur jalan dari kedua metode. Pada metode MDPJ Bina Marga 2017 didapatkan hasil perkerasan lentur pada lapis permukaan menggunakan AC-WC tebal 4 cm dan AC-BC tebal 6 cm, lapis pondasi atas menggunakan AC-base tebal 10,5 cm, lapis pondasi bawah mengunakan LFA kelas A tebal 30 cm. Sehingga total tebal perkerasan pada metode MDPJ Bina Marga 2017 adalah 50,5 cm. Sedangkan pada metode AASHTO 1993, didapatkan hasil perkerasan lentur pada lapis permukaan menggunakan aspal beton tebal 15 cm, lapis pondasi atas menggunakan batu pecah kelas A tebal 15 cm, lapis pondasi bawah menggunakan sirtu kelas A tebal 15 cm. Sehingga total tebal perkerasan pada metode AASHTO 1993 adalah 45 cm. Sedangkan total anggaran biaya yang didapat berdasarkan metode MDPJ Bina Marga 2017 adalah sebesar Rp162.355.790.454,00, dan pada metode AASHTO 1993 adalah sebesar Rp56.847.092.811,00.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPerkerasan Jalanen_US
dc.subjectPerkerasan Lenturen_US
dc.titleStudi Perbandingan Flexible Pavement dengan Metode Bina Marga 2017 Dan AASHTO 1993 pada Jalan Lintas Selatan (JLS) Lot 6 Kabupaten Tulungagung.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record