View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Studi Perbandingan Flexible Pavement dengan Metode Bina Marga 2017 Dan AASHTO 1993 pada Jalan Lintas Selatan (JLS) Lot 6 Kabupaten Tulungagung.

Thumbnail
View/Open
STUDI PERBANDINGAN FLEXIBLE PAVEMENT DENGAN METODE BINA MARGA 2017 DAN AASHTO 1993 PADA JALAN LINTAS SELATAN (JLS) LOT 6 KABUPATEN TULUNGAGUNG.pdf (6.685Mb)
S1_FT_21801051192_RISMA SALSABILATAL JANNAH.pdf (2.269Mb)
Date
2023-08-31
Author
Jannah, Risma Salsabilatal
Metadata
Show full item record
Abstract
Ruas Jalan Lintas Selatan (JLS) yang terletak di Kabupaten Tulungagung dengan total panjang 11,6 km. Ruas jalan tersebut dibangun dengan tujuan untuk jalan alternatif dari jalan lintas utara (Pantura). Ruas Jalan Lintas Selatan direncanakan menggunakan perkerasan lentur. Pada penelitian ini dibahas mengenai dua metode perkerasan lentur untuk mendapatkan efisiensi dari kedua metode. Metode yang digunakan adalah Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) Bina Marga 2017 dan American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO) 1993. Perkerasan jalan direncanakan dengan umur rencana 20 tahun. Dari hasil perhitungan analisa Lalu lintas Harian Rencana (LHR), pada metode MDPJ Bina Marga 2017 didapatkan nilai CESA 6.520.000 ESAL. Sedangkan pada metode AASHTO 1993 didapatkan nilai CESA 2.614.013 ESAL. Dari perhitungan CESA, didapatkan nilai tebal perkerasan lentur jalan dari kedua metode. Pada metode MDPJ Bina Marga 2017 didapatkan hasil perkerasan lentur pada lapis permukaan menggunakan AC-WC tebal 4 cm dan AC-BC tebal 6 cm, lapis pondasi atas menggunakan AC-base tebal 10,5 cm, lapis pondasi bawah mengunakan LFA kelas A tebal 30 cm. Sehingga total tebal perkerasan pada metode MDPJ Bina Marga 2017 adalah 50,5 cm. Sedangkan pada metode AASHTO 1993, didapatkan hasil perkerasan lentur pada lapis permukaan menggunakan aspal beton tebal 15 cm, lapis pondasi atas menggunakan batu pecah kelas A tebal 15 cm, lapis pondasi bawah menggunakan sirtu kelas A tebal 15 cm. Sehingga total tebal perkerasan pada metode AASHTO 1993 adalah 45 cm. Sedangkan total anggaran biaya yang didapat berdasarkan metode MDPJ Bina Marga 2017 adalah sebesar Rp162.355.790.454,00, dan pada metode AASHTO 1993 adalah sebesar Rp56.847.092.811,00.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8436
Collections
  • UT - Civil Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group