Show simple item record

dc.contributor.authorShafira, Maya Dwi
dc.date.accessioned2023-10-16T06:01:05Z
dc.date.available2023-10-16T06:01:05Z
dc.date.issued2023-07-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8445
dc.description.abstractDengan perkembangan zaman yang berlaku dengan cepat, dan sangat berbeda dengan zaman sebelumnya maka akan mudah memicu adanya tindakan-tindakan negatif yang dilakukan oleh peserta didik, seperti bahaya dalam pergaulan, perilaku yang kurang baik, dan menjadi pribadi yang tidak ingin berkembang. Maka dengan itu, pengarahan pendidikan karakter hendaknya sangat diutamakan dalam pengembangan kepribadian peserta didik. Pengembangan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang telah dibiasakan pada lingkungan setiap harinya. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan merupakan salah satu realisasi dari proses belajar mengajar yang menuntut adanya keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, baik di jam pelajaran sekolah maupun di luar jam pelajaran sekolah untuk menambah dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan keagamaan, sehingga diharapkan mereka dapat meraih prestasi belajar setinggi-tingginya serta membantu untuk mengembangkan wawasan siswa dalam bidang agama Islam. Berdasarkan hal ini, maka skripsi ini membahas tentang “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (Rohis) di SMP Negeri 21 Malang” untuk mengetahui bagaiman perencanaan program, pelaksanaan, dan evaluasi terkait kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam (Rohis) dalam pendidikan karakter religius di SMP Negeri 21 Malang. Dalam penelitian ini digunakan metodologi dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang berusaha mengambarkan, menginterprestasikan dan mendeskripsikan atau menjelaskan objek, peristiwa maupun kejadian yang sedang berlangsung pada saat penelitian sesuai apa adanya. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian menganalisis data dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan program kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMP Negeri 21 Malang dilakukan dengan menentukan tujuan atau sasaran, menetukan pola kegiatan, mendesain strategi tindakan, dan merangkum serangkaian program; (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMP Negeri 21 Malang melalui kegiatan harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan insidental. Metode penyampaian materi dengan menggunakan bermacam-macam metode, seperti: metode ceramah, diskusi, dan penugasan. (3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMP Negeri 21 Malang hanya bersifat observatif yaitu dengan mengamati tingkah laku, sikap, perbuatan, keharian siswa dalam berinteraksi dengan guru, sesama siswa, dan seluruh warga sekolah. Kata Kunci : Pendidikan Karakter Religius, Esktrakurikuler Kerohanian Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Karakter Religiusen_US
dc.subjectEsktrakurikuler Kerohanian Islamen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam di SMP Negeri 21 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record