Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasatul 'Ulya Miftahul Mubtadiin Nganjuk

Show simple item record

dc.contributor.author Masjid, Hafidh Ali
dc.date.accessioned 2020-12-14T05:39:41Z
dc.date.available 2020-12-14T05:39:41Z
dc.date.issued 2020-07-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/846
dc.description.abstract Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena pelaksanaan pembelajaran pada sekolah-sekolah yang belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013. Masih banyak sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 akan tetapi dalam pelaksanaannya masih menggunakan kurikulum lama. Pelaksanaan kurikulum 2013 yang cukup rumit baik dalam pelalsanaannya di dalam kelas, dan pada penilaiannya membuat implementasinya di sekolah belum maksimal. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga pendidikan di Nganjuk yaitu di Madrasatul ‘Ulya Miftahul Mubtadiin yang lokasinya berada di pondok pesantren Miftahul Mubtadiin krempyang. Letak lokasi yang cukup strategis membuat peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian di sana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 di madrasatul ‘ulya miftahul mubtadiin Nganjuk pada tahap penilaian. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 di madrasatul ‘ulya miftahul mubtadiin Nganjuk. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang di dalamnya peneliti bertindak sebagai instrument penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif study kasus, dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan pasif dimana peneliti hanya mengamati fenomena yang terjadi dan tidak terlibat langsung dalam kegiatan yang ada dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian Data), dan verifikasi sebagaimana dikemukakan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian implementasi kurikulum 2013 di Madrasatul ‘Ulya Miftahul Mubtadiin Nganjuk menunjukan bahwa 1) Pada tahap penilaian guru sudah mampu dalam melakukan penilaian dengan baik namun pada tahap penilaian sikap spiritual (KI 1) dan sosial (KI 2) guru hanya melakukan penilaian melalui observasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran dikelas maupun diluar kelas. Obeservasi atau penilaian diri dan penilaian antar teman sejawat tidak dilakukan oleh guru. Penilaian kurikulum 2013 yang cukup rumit membuat guru kesulitan dalam melaksanakannya dan waktu yang kurang mencukupi untuk melakukan semua penilaian. Jadi dalam penilaian sikap ada yang tidak dilakukan oleh guru sehingga hal tersebut membuat penilaian sikap spiritual (KI 1) dan sosial (KI 2) tidak maksimal dan otentik. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 di Madrasatul ‘Ulya Miftahul Mubtadiin Nganjuk dipengaruhi oleh faktor internal internal dan eksternal. Untuk farktor pendukung meliputi guru yang berkompeten, lingkungan yang islami karena letak madrasah yang berada di lingkungan pondok, peserta didik yang antusias, dan dukungan dari pemerintah daerah. Untuk faktor penghambat meliputi sarana prasarana yang belum maksimal, pemahaman guru yang masih kurang terkait kurikulum 2013, hal ini yang menjadi kendala bagi madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 namun madrasah tetatap optimis untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Kurikulum 2013 en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasatul 'Ulya Miftahul Mubtadiin Nganjuk en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account