dc.description.abstract | Al-Qur’an merupakan hal yang penting bagi umat Muslim, terutama pada zaman sekarang ini. Banyak orang yang kesulitan dalam baca tulis Al-Qur’an. Padahal Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat muslim yang wajib hukumnya untuk dipelajari agar hidup menjadi lebih tertata. Oleh karena itu, penting adanya pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang dimulai sejak dini.
Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan yakni mengetahui tentang perencanaan, implementasi, dan model pembelajaran smart Al-Qur’an yang ada di Sekolah Menengah Atas Brawijaya Smart School Malang. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan juga dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program Smart Al-Qur’an pada Sekolah Menengah Atas Brawijaya Smart School Malang masih belum maksimal. hal ini disebabkan karena ketersediaan rencana pembelajaran yang membuat guru tidak kreatif, kemampuan guru untuk memodifikasi rancangan pembelajaran tersebut juga tidak ada. Guru hanya menerapkan tahapan-tahapan yang telah disediakan oleh Ummi Foundation. Seharusnya guru bisa mengembangkan pembelajaran yang ada agar peserta didik nyaman serta ilmu yang diserap bisa maksimal. Sekaligus dapat melakukan evaluasi secara berkala terhadap pembelajaran untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan pada pembelajaran sebelumnya.
Kata Kunci: Program Smart Al-Qur’an, Kurikulum Merdeka, Perencanaan Pembelajaran | en_US |