Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Religius dan Nasionalis di kelas 7 Smp Brawijaya Smart School Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Yuniawati, Alifia
dc.date.accessioned 2023-10-24T08:14:52Z
dc.date.available 2023-10-24T08:14:52Z
dc.date.issued 2023-08-10
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8551
dc.description.abstract Zaman sekarang ada banyak kasus yang terjadi pada anak – anak yang di bawah umur atau remaja seperti: LGBT( lesbian,gay,biseksual,dan transgender), penyalahgunaan obat – obatan terlarang, pergaulan bebas, Pembullyan, pelecehan bahkan pembunuhan. Jika di biarkan maka anak – anak bangsa akan kehilangan etika dan moralnya dalam konteks pendidikan dan pendidikan akan kehilangan karakternya.Pendidikan karakter perlu di kembangkan di sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Implementasi dari pendidikan di Indonesia bersumber pada pancasila yang selama ini menjadi dasar penting, adapun pengembangan dari pendidikan karakter di pandu dengan buku dari pemerintah yang selanjutnya di olah lebih dalam oleh masing – masing sekolah yang mengetahui dan menguasai keadaan secara langsung.oleh karena itu Smp Brawijaya Smart School memiliki visi dan misi untuk menghasilkan peserta didik yang berkarakter religius, nasionals dan smart di tigkat global. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang 1) strategi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter religius dan nasionalis, 2) pelaksanaan pendidikan karakter dan 3) peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang 1) strategi dalam menerapkan pendidikan karakter 2) pelaksanaan pendidikan karakter dan 3) macam – macam peran guru dalam pendidikan karakter. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini di lakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang di lakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian, fenomena yang di lakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan cara Tanya jawab secara lisan dengan narasumber penelitian, dan metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal – hal atau variabel yang berupa catatan, gambar, foto, artikel, web dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa 1) Strategi yang di gunakan dalam menerapkan pendidikan religius dan nasionalis di smp brawijaya ini antara lain : a) keteladanan b) pembiasaan dan yang terakhir c) melalui pembelajaran. 2) Selain itu juga pelaksanaanya dengan melakukan kegiatan – kegiatan religius dan nasionalis seperti : sholat berjamaah, upacara dan lain sebagainya. 3) yaitu peran guru dalam pembelajaran maupun pendidikan karakter berikut adalah macam – macam peran guru a) Guru sebagai contoh atau suri tauladan, b) Guru sebagai pendidik, c) Guru sebagai pengajar d) Guru sebagai pembimbing, e) Guru sebagai mediator dan fasilitator, f) Guru sebagai evaluator g) Guru sebagai pengelola kelas h) Guru sebagai penasehat. Kata Kunci : Peran Guru, Implementasi, Karakter, Religius, Nasionalis en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.subject Religius en_US
dc.subject Nasionalis en_US
dc.title Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Religius dan Nasionalis di kelas 7 Smp Brawijaya Smart School Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account