Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Ar Roudhoh Beji

Show simple item record

dc.contributor.author Erik, Muhammad
dc.date.accessioned 2023-10-24T08:14:58Z
dc.date.available 2023-10-24T08:14:58Z
dc.date.issued 2023-07-29
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8552
dc.description.abstract Dunia pendidikan saat ini seiring dengan perkembangan zaman semakin hari semakin beragam serta bervariasi dalam mencpitakan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu dari inovasi yang berkembang saat ini adalah Pendekatan pembelajaran saintifik dimana Pendekatan pembelajaran ini dirancang sedemikian rupa agar peserta didik aktif mengkonstruksikan konsep pembelajaran dan hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah serta merumuskan masalah, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. SMP Ar Roudhoh Beji merupakan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 dengan Pendekatan pembelajaran saintifik pada bidang studi pendidikan Agama Islam dan budi pekerti Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti menentukan fokus penelitian, yakni tentang konsep pembelajaran saintifik dalam mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMP Ar Roudhoh Beji. Dan dari hasil penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran saintifik pada bidang studi pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMP Ar Roudhoh Beji. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis datanya melalui langkah-langkah data reduction (reduksi data) reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification (penyimpulan data). Untuk pengecekan keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pelaksanaan dari pembelajaran saintifik di laksanakan dengan cara mempersiapkan beberapa media pembelajaran seperti rancangan pembelajaran RPP dan silabus sebagai sarana untuk mendukung proses keberhasilan pembelajaran bagi peserta didik/siswa untuk meningkatkan motivasi, semangat dan sepirit belajar siswa sehingga dapat tercapainya proses pembelajaran yang baik dan benar. Akan tetapi dalam hal ini peneliti juga masih menemukan adanya kekurangan dalam fasilitas pendukung seperti akses internet, sehingga apa yang menjadi evaluasi kedepannya bagi sekolah adalah perlu menyediakan fasilitas media internet wifi untuk memaksimalkan pembelajaran dalam menggunakan pendekatan saintifik bagi siswa dan guru. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah-langkah kedepan bagi sekolah agar dapat mengembangkan dan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mencapai tujuan yang maksimal dan memuaskan bagi keberhasilan pembelajaran. Kata Kunci: Impelementasi, Pembelajaran Saintifik, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Impelementasi en_US
dc.subject Pembelajaran Saintifik en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Ar Roudhoh Beji en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account