dc.description.abstract | Berdasarkan dari tujuan pendidikan nasional, pendidikan di sekolah tidak hanya terkait dengan upaya penguasaan dibidang akademik saja, melainkan harus diimbangi dengan pembentukan karakter. Sekolah/madrasah sebagai lembaga kedua setelah keluarga, yang berperan penting dalam mennanamkan nilai-nilai kehidupan kepada individu. Didalam sekolah siswa diajarkan bagaiaman mengimplementasikan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Makan dari itu sekolah menjadi tempat untuk membentuk karakter siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan pasukan khusus (PASUSKA) dalam membentuk karakter siswa di MI Khadijah, peneliti merumuskan 3 tujuan penelitian yakni : mendeskripsikan perencaan, pelaksanaan, serta evaluasi kegiatan pasuska dalam membentuk karakter siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yakni pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan tanya jawab dari sumber penelitian, dan metode dokumentasi yakni mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, transkip, dan lain sebagainya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kegiatan pasuska dalam membentuk karakter siswa di MI Khadijah meliputi 3 aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan sekolah dengan menetapkan tujuan program, ketersedian prasarana, sumber daya manusia dan juga anggaran, pelaksanaan dengan mengintergrasikan karakter disiplin dan tanggung jawab kedalam pengembangan diri yakni kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan, evaluasi dilakukan dengan 2 cara yakni observasi yang dilakukan secara langsung oleh pembina pasuska ke anggota pasuska, yang kedua penilaian dari jurnal harian dilakukan oleh guru kelas, pembina pasuska, anggota pasuska ke siswa-siswi MI Khadijah Malang.
Kata Kunci: Implementasi, Pasukan Khusus, Pembentukan Karakter | en_US |