Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Transportasi Berbasis Teknologi Android (Studi Pada Pt. Pomi – Probolinggo, Jawa Timur)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana dampak dari perubahan
sistem layanan transportasi dari yang sebelumnya dilakukan secara manual berubah
menjadi digital berbasis Android, bagaimana peran manajemen dalam implementasi
layanan transportasi setelah menggunakan Aplikasi Android, unsur-unsur apa saja
yang diperlukan untuk meningkatkan model layanan transportasi berbasis Aplikasi
Android serta faktor apa saja yang mendorong dan menghambatnya, juga
bagaimanakah strategi yang paling tepat dalam meningkatkan model layanan
transportasi dengan menggunakan Aplikasi Android.
Dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity,
Threat) selanjutnya hasil dari analisis ini akan digunakan sebagai landasan untuk melakukan
peningkatan layanan Transportasi di PT. POMI Paiton. Analisis SWOT dilakukan dengan
matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mendeskripsikan faktor – faktor kekuatan dan
kelemahan perusahan dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang menguraikan
faktor – faktor peluang dan ancaman perusahaan dan matriks IE (Internal External) yang
menunjukkan posisi perusahaan saat ini.
Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari masing-masing faktor kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman, masing – masing diperoleh yaitu : bobot kekuatan
tertinggi 0,15, bobot kelemahan tertinggi 0,07, bobot peluang tertinggi 0,14, dan bobot
ancaman tertinggi 0,13. Nilai total skor rata – rata pada matriks IFE sebesar 0,347 sedangkan
matriks EFE sebesar 0,228. Hasil tersebut menempatkan PT. POMI Paiton dalam pelayanan
Transportasi pada kuadran I (Growth) dan strategi yang harus dilakukan adalah melakukan
peningkatkan pelayanan