Show simple item record

dc.contributor.authorChamidah, Nur
dc.date.accessioned2023-10-25T01:33:08Z
dc.date.available2023-10-25T01:33:08Z
dc.date.issued2023-06-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8577
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan atas dasar bahwa pemerintah wajib melakukan fungsinya sebagai pemerintah yang salah satunya adalah fungsi pelayanan. Pelayanan yang berkualitas selalu menjadi tuntutan masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan berbagai instansi yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat.Upaya perbaikan kualitas pelayanan dapat diwujudkan melalui perubahan sistem,cara atau prosedur melalui program Inovasi yang berorientasi kepada masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten adalah salah satu instansi yang menerapkan inovasi pelayanan melalui Program Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng). Penerapan program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan Akta pencatatan sipil kepada masyarakat yang jauh dari pusat pelayanan dengan cara Online sehingga masyarakat tidak perlu bolak-balik pergi ke Kantor untuk mengurus dokumen kependudukan. Program ini telah membawa dampak positif bagi instansi dan juga masyarakat dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga mampu menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi,menganalisa hubungan yang terjadi antar fenomena. Penelitian ini difokuskan pada dua hal yaitu (1) Penerapan Inovasi Pelayanan Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng) (2) Faktor Pendukung dan Penghambat inovasi program Inovasi Pelayanan Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Progam Inovasi Pelayanan Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng) Dinas Kependudukan Kabupaten Malang sudah menerapkan pelayanan berbasis Online mengenai ketan ireng yang dalam penerapannya sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Faktor Pendukung: Adanya payung hukum penerapan konsep Online mengenai ketan ireng, Sarana dan prasarana yang memadai, dan Perkembangan teknologi informasi yang pesat. Faktor Penghambat: Sebagaian masih minim dalam pemanfaatan teknologi, Terpusatnya konektivitas jaringan dari Pemerintah Pusat, dan kurang meratanya sosialisasi dari Dispenduk Kabupaten Malang mengenai konsep pelayanan berbasis Online mengenai ketan ireng..en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAdministrasi Kependudukanen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.titleInovasi Pelayanan Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng) Di Kabupaten Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record