View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Administrative Science
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Administrative Science
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Inovasi Pelayanan Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng) Di Kabupaten Malang

Thumbnail
View/Open
INOVASI PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN KESEHATAN MARI BARENG (KETAN IRENG) DI KABUPATEN MALANG.pdf (2.778Mb)
S2_MIA_22102091011_NUR CHAMIDAH.pdf (1.232Mb)
Date
2023-06-10
Author
Chamidah, Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar bahwa pemerintah wajib melakukan fungsinya sebagai pemerintah yang salah satunya adalah fungsi pelayanan. Pelayanan yang berkualitas selalu menjadi tuntutan masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan berbagai instansi yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat.Upaya perbaikan kualitas pelayanan dapat diwujudkan melalui perubahan sistem,cara atau prosedur melalui program Inovasi yang berorientasi kepada masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten adalah salah satu instansi yang menerapkan inovasi pelayanan melalui Program Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng). Penerapan program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan Akta pencatatan sipil kepada masyarakat yang jauh dari pusat pelayanan dengan cara Online sehingga masyarakat tidak perlu bolak-balik pergi ke Kantor untuk mengurus dokumen kependudukan. Program ini telah membawa dampak positif bagi instansi dan juga masyarakat dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga mampu menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi,menganalisa hubungan yang terjadi antar fenomena. Penelitian ini difokuskan pada dua hal yaitu (1) Penerapan Inovasi Pelayanan Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng) (2) Faktor Pendukung dan Penghambat inovasi program Inovasi Pelayanan Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Progam Inovasi Pelayanan Kependudukan Dan Kesehatan Mari Bareng (Ketan Ireng) Dinas Kependudukan Kabupaten Malang sudah menerapkan pelayanan berbasis Online mengenai ketan ireng yang dalam penerapannya sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Faktor Pendukung: Adanya payung hukum penerapan konsep Online mengenai ketan ireng, Sarana dan prasarana yang memadai, dan Perkembangan teknologi informasi yang pesat. Faktor Penghambat: Sebagaian masih minim dalam pemanfaatan teknologi, Terpusatnya konektivitas jaringan dari Pemerintah Pusat, dan kurang meratanya sosialisasi dari Dispenduk Kabupaten Malang mengenai konsep pelayanan berbasis Online mengenai ketan ireng..
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8577
Collections
  • MT - Administrative Science

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group