dc.description.abstract | Pembudayaan karakter disiplin dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan pembiasaan. Seseorang yang ingin membentuk karakter disiplin dalam dirinya harus dapat membiasakan dirinya tepat waktu dalam melaksanakan segala aktivitasnya. Dalam pembinaan karakter disiplin tidak hanya melalui aspek pembelajaran saja, akan tetapi bisa dilakukan dalam keseharian siswa selama masih dalam lingkungan sekolah. Hal ini dapat dilihat dari keseharian siswa mulai datang sampai pulang sekolah. Salah satu cara untuk membudayakan karakter disiplin bangsa yaitu menerapkan kegiatan pembiasaan dan penegasan tata tertib. Pembiasaan sebagai cara ampuh untuk menanamkan dan membentuk karakter disiplin siswa-siswi MI Sunan Giri Kota Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan guru dalam membudayakan karakter disiplin siswa kelas III MI Sunan Giri Kota Malang, implementasi peran guru dalam membudayakan karakter disiplin siswa kelas III MI Sunan Giri Kota Malang, dan efektivitas perencanaan guru dalam membudayakan karakter disiplin siswa kelas III MI Sunan Giri Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena kualitatif berfokus pada pemahaman yang mendalam, pengembangan teori, pendeskripsian kompleksitas, dan realitas sosial, sehingga metode ini sangat relevan diterapkan pada penelitian ini, dimana penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan realita yang terjadi yaitu peran guru dalam membudayakan karakter disiplin siswa kelas III MI Sunan Giri Kota Malang. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus, karena peneliti ingin menggali fenomena dan mempelajari secara mendalam hingga mendapatkan hasil atau realitas.
Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil penelitian yakni sebagai berikut: Pertama, Perencanaan guru dalam membudatakan karakter disiplin siswa kelas III MI Sunan Giri Kota Malang meliputi beberapa tahap yaitu, mengadakan rapat kerja penentuan program yang akan diterapkan di sekolah, penyusunan rencana pelaksanaan kegiatan yang meliputi langkah-langkah pelaksanaan, dan mengadakan sosialisasi kepada siswa terkait pelaksanaan program beserta tujuan pelaksanaan. Kedua, implementasi peran guru dalam membudayakan karakter disiplin siswa kelas III MI Sunan Giri Kota Malang melalui penerapan kegiatan rutin, spontan dan keteladanan. Kegiatan rutin meliputi kegiatan rutin setiap hari, mingguan, dan bulanan. Kegiatan rutin harian meliputi doa pagi dan doa pulang sekolah, membaca sholawat dan surat–surat pilihan setelah membaca doa sebelum belajar, menyambut kedatangan siswa oleh guru piket, sholat dhuhur berjamaah. Kegiatan mingguannya meliputi kegiatan apel pagi/ upacara bendera hari senin dan hari–hari besar nasional, sholat dhuha berjamaah dan membaca asmaul husna, mengaji, senam bersama, jumat bersih, amal jariyah, istighosah. Sedangkan kegiatan bulanannya yaitu diadakan bimbingan konseling. Ketiga, efektivitas perencanaan guru dalam membudayakan karakter disiplin siswa kelas III MI Sunan Giri Kota Malang selama ini sudah baik dan efektiv siswa lebih disiplin dalam menghargai waktu, dan siswa lebih disiplin dalam mentaati tata tertib.
Kata kunci: Karakter Disiplin, Budaya, Madrasah | en_US |