Show simple item record

dc.contributor.authorLaili, Nisful
dc.date.accessioned2023-10-25T02:05:57Z
dc.date.available2023-10-25T02:05:57Z
dc.date.issued2023-08-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8585
dc.description.abstractPendidikan karakter adalah upaya yang dilakukan seseorang membina, mengembangkan, memajukan, melauaskan serta mempunyai kualitas kepribadian yang baik, sehingga dapat memberikan dedikasi yang positif pada lingkungan maupun dimasyarakat luas. Dilihat dari perubahan zaman yang sekarang ini, karakter anak semakin menurun akibat pergaulan dan faktor lingkungan. Pentingnya karakter di zaman ini adalah untuk mewujudkan generasi yang berkarakter baik dan dapat menjadi contoh generasi penerus bangsa. Tujuannya adalah untuk menanamkan pribadi yang berakhlak dan bermoral dengan upaya menanamkan nilai-nilai serta norma-norma yang mulia guna membangun interaksi yang baik serta dapat mempengaruhi orang lain untuk berakhlak mulai dan mempunyai karakter yang baik agar generasi selanjutnya mempunyai karakter yang baik serta dapat membangun kecerdasan yang dapat berfikir relevan. Penelitian dilakukan dengan tujuan agar: (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pendidikan karakter berbasis Ubudiyah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Arjosari Kota Malang. (2) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter berbasis Ubudiyah di Madrasah Ibtidayah Nurul Ulum Arjosari Kota Malang. (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pendidikan karakter berbasis Ubudiyah di Madrasah Ibtidayah Nurul Ulum Arjosari Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif pengumpulan data dilakukan dengan wawancara Ada 3 cara untuk mengumpulkan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data (data collection) dan analisis setelah pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter berbasis ubudiyah di MI Nurul Ulum Arjosari kota Malang dilakukan dengan: melaksanakan rapat guru dan mengkoordinasi, pengembangan kurikulum menggunakan K1, K2, K3, K4, membuat buku penilaian, menentukan penilaian, mengadakan pemantauan kegiatan pendidikan karakter, menetapkan 17 pendidikan berwawasan karakter, membangun pendidikan karakter berbasis ubudiyah, menyediakan fasilitas pendukung. Dalam implementasi pendidikan karakter berbasis ubudiyah di MI Nurul Ulum Arjosari kota Malang dilaksanakan dengan: mengembangkan Kurikulum K1 (Spiritual), K2 (Sosial), K3 (Pengetahuan), K4 (Ketrampilan), mengaitkan materi ubudiyah dengan materi pelajaran Qur’an Hadist, Fiqih, dan Akidah Akhlak, menerapkan pembiasaan kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari, evaluasi dan pemantauan dalam implementasi pendidikan karakter berbasis ubudiyah, dilaksanakan dengan, kerjasama dengan walimurid Evaluasi pendidikan karakter berbasis ubudiyah di MI Nurul Ulum Arjosari kota Malang dilaksanakan dengan: mengumpulkan buku absen sholat dan buku saku ubudiyah, mempraktikkan kedalam kegaiatan ibadah, melaksanakan penilaian secara holistik (Tulis, Lisan, Praktik), mengomunikasikan dengan walimurid, mengaitkan antara penilaian ubudiyah dan nilai raport.   Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Ubudiyah, Madrasah Ibtidaiyah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectUbudiyahen_US
dc.subjectMadrasah Ibtidaiyahen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Berbasis Ubudiyah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Arjosari Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record