dc.description.abstract | Melihat betapa rendahnya karakter generasi bangsa kita, pendidikan karakter menjadi suatu hal yang sangat penting untuk ditanamkan. Maka dari itu, Kementrian Pendidikan Nasional merancang kurikulum pendidikan karakter untuk siswa. Pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan kepada generasi bangsa kita, oleh karena itu pendidikan karakter bisa menjadi solusi untuk mengatasi rendahnya karakter generasi bangsa kita, salah satunya adalah karakter tanggung jawab. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mendeskripsikan fokus masalah mengenai pembentukan karakter tanggung jawab siswa di SMAN 2 Malang dan guru Pendidikan Agama Islam sebagai sosok yang berperan dalam pembentukan karakter tanggung jawab, dengan menggunakan metode-metode tertentu, dan didukung oleh faktor faktor tertentu. Sehingga terbentuklah karakter tanggung jawab siswa di SMAN 2 Malang.
Untuk mencapai tujuan penelitian yang sesuai target maka peneliti memilih untuk menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dan prosedur pengambilan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung kemudian melakukan metode wawancara dengan mewawancarai beberapa responden kemudian mengambil dokumentasi pada objek dan lokasi penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa di SMAN 2 Malang berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan. Mulai dari suatu perilaku yang cukup sederhana, kemudian melaksanakan kewajiban-kewajibannya, serta dapat bertanggung jawabatas statusnya menjadi seorang pelajar yang taat aturan, beragama, dan berbudi pekerti. Hal tersebut tidak lepas dari faktor-faktor yang mendukung agar proses pembentukan karakter tanggung jawab siswa dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter Tanggung Jawab | en_US |