dc.description.abstract | Metode guru PAI adalah guru yang berperan dalam memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Metode Guru Pendidikan Agama Islam berperan memfasilitasi kegiatan pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Metode Guru Pendidikan Agama Islam bukan sekedar mengajar melainkan membina, membimbing, memotivasi serta memberikan penguatan-penguatan (reinforcement) kepada para peserta didik. Jadi, Metode guru PAI adalah terciptanya suatu tujuan pendidikan serta perilaku yang diharapkan bisa membawa perubahan tingkah laku bagi anak dan perkembangan bagi anak untuk menjadi lebih baik. Fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimana metode guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMPI At-Tauhidiyah Talango Sumenep, apa faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa di sekolah SMPI At-Tauhidiyah Talango Sumenep. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui metode guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMPI At-Tauhidiyah Talango Sumenep, untuk mengetahui faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa di sekolah SMPI At-Tauhidiyah Talango Sumenep.
Dalam penelitian ini, Penulis menggunakan pendekatan kualiatatif dengan jenis studi kasus. Peneliti mendapatkan data-data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi di SMPI At-Tauhidiyah Talango Sumenep. Kemudian Peneliti menggunakan metode analisis data dengan klasifikasi, reduksi data, deskripsi data, serta menarik kesimpulan. Perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, terdapat hasil penelitian ini yaitu metode guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMPI At-Tauhidiyah Talango Sumenep yaitu Metode yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah metode ceramah, kisah, kelompok kecil dan demonstrasi. Faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa di sekolah SMPI At-Tauhidiyah Talango Sumenep yaitu Terbatasnya alat/media/sumber belajar, bagi siswa yang mengalami masalah ganda (tunanetra dan IQ rendah), sehingga guru belum maksimal dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Metode Guru PAI, Pemahaman Siswa
| en_US |