Show simple item record

dc.contributor.authorYulva, Firda Istiana
dc.date.accessioned2023-10-25T02:10:34Z
dc.date.available2023-10-25T02:10:34Z
dc.date.issued2023-07-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8596
dc.description.abstractStrategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik metode ataupun pemanfaatan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator harus dapat menyelenggarakan progam pendidikan dengan sebaikbaiknya. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan progam pendidikan yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah siswa untuk belajar dengan enak dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan motivasi siswa, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai kompetensi tersebut. Motivasi belajar siswa merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran. Karena jika siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar, sekalipun guru sudah berusaha sebaik mungkin, tentu sulit untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Guru harus mampu menginspirasi siswa agar lebih meningkat motivasi belajar siswa. Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana perencanaan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Islam Muqorrobin Singosari? (2) Bagaimana pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar di SMP Islam Muqorrobin Singosari? (3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Islam Muqorrobin Singosari? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan reward and punishment di SMP Islam Muqorrobin Singosari untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data dan informasi yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Disajikan dalam format deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses- proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan metode yang dianut bersifat kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa, strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pembelajaran Agama Islam di SMP Islam Muqorrobin Singosari berupa reward dan punishment. Untuk reward yang dilakukan antara lain adalah berbentuk pujian, penghormatan, hadiah, serta ciri penghargaan. Sebaliknya untuk punishment yang dilakukan ialah disamping dengan metode yang pasti memberikan efek jera, akan tetapi senantiasa dengan mendidik siswa, tidak merendahkan mental siswa, serta tidak memberikan hukuman di luar batasan kemampuan siswa. Hasil evaluasi dari pemberian reward dan punishment yaitu: (1) tingkat perhatian siswa terhadap mata pelajaran bertambah, (2) tingkatan kepercayaan siswa pada keahlian mengerjakan tugas- tugas bertambah,(3) meningkatkan kepuasan siswa proses pembelajaran yang dilaksanakan,(4) siswa akan menjadi lebih disiplin terhadap peraturan sekolah. Dari keseluruhan diatas proses evaluasi dilakukan guru dimulai dari pengamatan, pengawasan, dan pemantauan kepada siswa/ siswi itu sendiri. Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMP Islam Muqorrobin Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record