dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di lapangan bahwa krisis karakter juga dialami oleh peserta didik yang tinggal di lingkungan pesantren. Pendidikan karakter religius sangat penting untuk diimplementasikan pada peserta didik sejak dini karena dianggap sebagai jawaban dari permasalahan tersebut. SMP Modern Al-Rifa’ie sebagai sekolah yang berada di bawah naungan pesantren sadar akan krisis karakter yang dialami peserta didiknya sehingga mereka berusaha untuk mengimplementasikan pendidikan karakter religus dalam berbagai jenis perencanaan program. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian di sekolah ini.
Dari konteks penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang perencanaan pendidikan karakter religius, pelaksanaan pendidikan karakter religius dalam program One Student One Achievement, dan evaluasi dalam pelaksanaan program One Student One Achievement.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik, Mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Pendidikan Karakter Religius dalam Program One Student One Achievement, Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi dalam Pelaksanaan Program One Student One Achievement.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research) yang berlokasi di SMP Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber serta triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat temuan yang disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan pendidikan karakter religius melalui program One Student One Achievement yang terdiri dari berbagai kegiatan religius sebagai perwujudan dri dimensi karakter religius. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter religius dalam program One Student One Achievement merupakan bentuk kerjasama seluruh stakeholder sekolah. Program ini berbentuk buku kesalihan siswa/santri yang diisi secara personal oleh peserta didik. Kegiatan implementasi pendidikan karakter religius meliputi: shalat dhuha berjamaah, menunduk/bersalaman dengan ustadz/ustadzah ketika bertemu atau berpapasan serta berdoa sebelum melakukan aktivitas KBM. (3) Evaluasi dalam pelaksanaan program One Student One Achievement secara keseluruhan selama 1 tahun berjalan dengan efisien. Tetapi masih terdapat kendala seperti kejujuran peserta didik dalam pengisian buku, beberapa jenis kegiaatn ada yang perlu direvisi, serta butuh kerjasama dengan pihak pondok untuk memantau peserta didik ketika melaksanakn kegiatan program tersebut di luar jam sekolah.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu adanya keterlibatan orangtua dalam program One Student One Achievement sehingga peserta didik dapat benar-benar mengimplementasikan karakter religius ketika di luar sekolah.
Kata Kunci : Implementasi, Karakter Religius, One Student One Achievement
| en_US |