Implementasi Model Project Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Anak Bangsa Cerdas

Show simple item record

dc.contributor.author Ubaidillah, Mukhammad Iqbal
dc.date.accessioned 2023-10-25T02:22:47Z
dc.date.available 2023-10-25T02:22:47Z
dc.date.issued 2023-08-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8601
dc.description.abstract Kegiatan pembelajaran PAI di SMP Anak Bangsa Cerdas membuat siswa bosan dan cepat bosan. Untuk meningkatkan proses pembelajaran guru perlu melakukan variasi metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI dan mengidentifikasi hasil penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI di SMP Pintar Anak Bangsa. Tujuan penelitian mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan hasil Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Anak Bangsa Cerdas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana hasil atau data yang diperoleh akan diuraikan dalam bentuk teks deskriptif (berupa kata-kata) yang dibuktikan melalui kumpulan informasi (data selama penelitian) yang diperoleh selama penelitian berlangsung. 1) Perencanaan model Project Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dalam beberapa tahapan, antara lain menyiapkan bahan pembelajaran dan menganalisis kondisi kelas. 2) Implementasi model Project Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan tahapan pelaksanaannya terdiri dari materi pembelajaran, metode pembelajaran siswa, dan penguatan materi siswa. 3) Hasil penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bahwa berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran pendidikan agama Islam secara umum cukup baik dan memasukkan beberapa unsur dalam penyusunan desain pembelajaran. Metode pembelajaran pada umumnya telah menciptakan suasana belajar yang tertib sehingga dengan segera mencapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Sedangkan penguatan materi yang dilakukan oleh guru membuat siswa menjadi termotivasi dalam belajar dan meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran.   Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran PAI, Model Pembelajaran en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pembelajaran Berbasis Proyek en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.title Implementasi Model Project Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Anak Bangsa Cerdas en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account