Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Bagi Pelajar Al-Qur’an Perspektif Al-Imam An-Nawawi dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an

Show simple item record

dc.contributor.author Firmansyah, Heru
dc.date.accessioned 2023-10-25T02:23:06Z
dc.date.available 2023-10-25T02:23:06Z
dc.date.issued 2023-08-11
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8604
dc.description.abstract Akhlak atau etika dalam menuntut ilmu begitu penting, terlebih dalam mempelajari kitab suci Al-Qur’an tentunya sangat diperlukan untuk menjaga akhlak dan etika, karena Rosulullah SAW memberi himbauan kepada umatnya untuk berilmu dan berakhlak yang baik. Dalam pengambilan pendapat, pemikiran Al-Imam An-Nawawi dianggap yang paling tsiqoh (terpercaya) yang dapat dijadikan bahan rujukan dan tambahan referensi dalam membentuk akhlak dan kepribadian yang baik, karena berinteraksi dengan Al-Qur’an berarti berinteraksi pula dengan Allah SWT. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti menentukan fokus penelitian, yakni tentang nilai-nilai pendidikan akhlak yang harus dimiliki oleh pelajar Al-Qur’an perspektif Al-Imam An-Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an dan relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an dengan nilai pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang harus dimiliki oleh pelajar Al-Qur’an perspektif Al-Imam An-Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an dengan nilai pendidikan karakter. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka (library research). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terdapat 14 nilai-nilai pendidikan akhlak bagi pelajar Al-Qur’an perspektif Al-Imam An-Nawawi yang terkandung dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur'an, nilai-nilai tersebut yaitu: 1) kesucian hati, 2) rendah hati, 3) patuh, 4) berkompeten, 5) hormat, 6) sopan santun, 7) memahami keadaan emosional, 8) sabar, 9) semangat, 10) kemandirian, 11) disiplin, 12) konsisten, dan 13) akhlakul karimah. Dari 14 nilai-nilai pendidikan akhlak tersebut terdapat relevansi dengan 18 nilai pendidikan karakter yaitu: 1) religius, 2) jujur 3) toleransi, 4) disiplin, 5) bekerja keras, 6) kreatif, 7) mandiri, 8) demokratis, 9) rasa ingin tahu, 10) semanagat kebangsaan, 11) cinta tanah air, 12) menghargai prestasi, 13) bersahabat komunikatif, 14) cinta damai, 15) gemar membaca, 16) peduli lingkungan, 17) peduli sosial, dan 18) tanggung jawab. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Al-Imam An-Nawawi, Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak en_US
dc.subject Al-Imam An-Nawawi en_US
dc.subject Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an en_US
dc.title Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Bagi Pelajar Al-Qur’an Perspektif Al-Imam An-Nawawi dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account