Pengaruh Pemberian Video Edukasi Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pencegahan Kelainan Refraksi Mata pada Santri di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Aini, Susmita
dc.date.accessioned 2023-11-23T03:15:45Z
dc.date.available 2023-11-23T03:15:45Z
dc.date.issued 2023-09-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8781
dc.description.abstract Pendahuluan: Kelainan refraksi sering terjadi pada usia remaja dan dapat berdampak negatif pada proses pendidikan mereka, sehingga perlu adanya upaya pencegahan kelainan refraksi mata berupa video edukasi yang dapat memberikan stimulasi audiovisual dan menarik bagi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian video edukasi terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan kelainan refraksi. Metode: Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan design penelitian pretest-posttest control grup design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan ketentuan kriteria santri kelas VII SMP yang bersedia menjadi subjek penelitian secara penuh. Responden penelitian ini adalah santri kelas VII SMP Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah Malang sebanyak 100 orang yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok intervensi, masing-masing terdiri dari 50 orang. Skor kuesioner dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dilanjutkan dengan uji post hoc LSD (Least Significant Difference) dengan nilai signifikansi p <0,05. Hasil: Responden penelitian ini merupakan santri kelas VII sejumlah masing- masing 50 orang laki-laki dan perempuan berusia rata-rata 12-14 tahun. Hasil uji Wilcoxon pada kelompok kontrol didapatkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada pengetahuan, sikap dan perilaku, sedangkan kelompok intervensi terjadi perbedaan dari pre-test ke post-test pengetahuan, sikap, dan perilaku secara signifikan. Uji post hoc LSD (Least Significant Difference) berdasarkan nilai post test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan p=0,000 pada pengetahuan dan perilaku, serta p=0,002 pada sikap. Kesimpulan: Video edukasi dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku santri mengenai pencegahan kelainan refraksi pada santri di pondok pesantren. Kata kunci: Pencegahan kelainan refraksi mata, santri, pengetahuan, sikap, perilaku, video edukasi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pencegahan kelainan refraksi mata en_US
dc.subject santri en_US
dc.subject pengetahuan en_US
dc.subject sikap en_US
dc.subject perilaku en_US
dc.subject video edukasi en_US
dc.title Pengaruh Pemberian Video Edukasi Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Pencegahan Kelainan Refraksi Mata pada Santri di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account