Show simple item record

dc.contributor.authorHanani, Muhammad Ilham
dc.date.accessioned2023-12-18T04:10:28Z
dc.date.available2023-12-18T04:10:28Z
dc.date.issued2023-09-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8786
dc.description.abstractPengembangan metode pengajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Metode dalam proses belajar dan mengajar merupakan alat untuk mencapai tujuan, perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan syarat terpenting sebelum seseorang menentukan dan memilih metode mengajar yang tepat. Selain itu pendidik juga dituntut untuk mengetahui serta menguasai beberapa metode dengan harapan tidak hanya menguasai metode secara teoritis tetapi pendidik dituntut juga mampu memilih metode yang tepat untuk bisa mengoprasionalkan secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengali informasi tentang bagaimana Implementasi Penerapan Metode Demontrasi dan Resitasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru kepada proses pembelajaran siswa MTs Mambaul Ulum Pakis, kedua, bagaimana proses implementasi penerapan metode demonstrasi dan resitasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama islam oleh guru Pendidikan Agama Islam kepada siswa MTs Mambaul Ulum Pakis, ketiga, bagaimana hasil evaluasi penerapan meotode demonstrasi dan resitasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Mambaul Ulum Pakis. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitafi dengan jenis field reseach, metode pengumpulan data mengunakan teknik Observasi, Wanwancara dan Dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dengan cara, Mencatat dan menelaah seluruh hasil data yang diperoleh dari berbagai sumber, yaitu dari wawancara, observasi dan dokumentasi., Mengumpulkan, memilah-milah, mensintesiskan, membuat ikhtisar dan mengklasifikasikan data sesuai dengan data yang dibutuhkan untuk menjawab rumusan masalah., Dari data yang telah dikategorikan tersebut, kemudian peneliti berpikir untuk mencari makna, hubungan-hubungan, dan membuat temuan-temuan umum terkait dengan fokus penelitian. Kesimpulan Dari segi perencanaan dalam penerapan metode demosntrasi dan resitasi pada pembelajaran PAI terdapat beberapa macam, diantaranya menyiapkan modul ajar, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan bahan ajar, menyiapkan lembar evaluasi dan menyiapkan lembar tugas. Adapun dari segi pelaksanaan pembelajaran dengan mengunakan metode demonstrasi dan resitasi pada pembelajaran PAI terdapat beberapa macam, diantaranya penyampaian bahan atau media pembelajaran, penjelasan materi atau media ajar, pemberian materi, tahap pemaparan materi, tahap evaluasi dan kegiatan akhir meliputi refleksi pembelajaran, pemberian tugas. Evaluasi perencanaan dan penerapan metode demonstrasi dan resitasi pada pembelajaran PAI terdapat beberapa macam, diantaranya adanya evaluasi pembelajaran guru lebih menyiapkan lagi media dan bahan pembelajaeran yang dibutuhkan siswa, adanya evaluasi pembelajan guru lebih tau seberapa pemahaman siswa terhapan materi materi pembelajaran untuk pembuatan tugas. Kata Kunci: Demonstrasi, Resitasi, Pembelajaran PAIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectDemonstrasien_US
dc.subjectResitasien_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.titleImplementasi Metode Demonstrasi dan Resitasi pada Pembelajaran PAI di MTs Mambaul Ulum Pakisen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record